Pengamat Perkotaan Jakarta Pinta Anies Lakukan Beberapa Hal Untuk Tangani Covid-19

Pengamat Perkotaan Jakarta Sugiyanto

Jakarta, Dekannews - Provinsi DKI Jakarta diminta melakukan beberapa hal guna menekan angka Covid-19 yang kian meningkat di Jakarta. 

Menurut Pengamat Perkotaan Jakarta, Sugiyanto yang paling penting dalam penangan Covid-19 di Jakarta ialah melakukan koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. 

"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan DPRD DKI harus bergandengan tangan karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah bersama-sama. Harus melakukan koordinasi yang maksimal," ujar Sugiyanto di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (30/06/2021). 

SGY sapaan akrab Sugiyanto yang tidak kalah penting dilakukan Gubernur DKI Jakarta yaitu mengoptimalkan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini yaitu Kementerian Kesehatan, BNPB dan khususnya berkoordinasi dengan TNI dan Polri. 

Selain itu, langkah selanjutnya yakni berkoordinasi dengan daerah penyangga seperti Bekasi, Bogor dan lainya. "Karena Jakarta ini kalau hari kerja penduduknya bisa mencapai 12 juta lebih. Nah itu harus melakukan koordinasi yang maksimal dan membuat peraturan bersama-sama," pintanya. 

SGY mengatakan, Anies juga harus memaksimal fungsi birokarasi terkait yaitu Dinas Kesehatan, Pol PP, Walikot, Camat serta Lurah di lima wilayah DKI Jakarta termasuk satuan perangkat daerah (SKPD/UKPD) terkait. 

Kemudian Gubernur Anies harus melakukan efisiensi di segala hal yang antara lainya, anggaran kemudian kegiatan yang tidak terlalu penting alangkah baiknya ditiadakan untuk fokus kepenangan Covid-19. 

"Termasuk membubarkan TGUPP karena adanya covid ini pembangunan tidak bisa dipercepat bahkan melambat. Dengan demikian buat apalagi ada TGUPP. Lebih baik diganti dengan Tim Gubernur Percepatan Penanganan Covid-19," kata SGY. 

SGY menegaskan, pendapatan daerah (PAD) yang saat ini menurut Anies harus berani menagih para pengembang untuk membantu penanganan Covid-19 di Jakarta. 

"Lalu setelah itu, DKI Jakarta harus melakukan pengawasan dengan melibatkan segala aspek salah satunya dengan melibatkan unsur masyarakat," tandasnya. EDI