Dinas Kehutanan DKI Beli Tanah Banyak Tak Digunakan, Ada Apa?

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian Untayana. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mempertanyakan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI yang kerap membeli tanah namun banyak tidak digunakan.

Sebab Anggota Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana, mengatakan, dirinya menemukan di belakang Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur ada tanah sekitar 3600 m2 sudah dibebaskan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota pada tahun 2010. Tapi sampai sekarang juga belum dimanfaatkan.

"Saya mau tahu, selama yang tahun 2021 paling tidak ya tanah-tanah yang sudah dibebaskan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota ini berapa persen yang sudah dimanfaatkan?" ucap anggota Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana, Jumat (2/9/2022).

"Dinas Pertamanan dan Hutan Kota harus menginformasikan data berapa jumlah tanah yang sudah dibebaskan oleh Dari pembebasan tersebut, berapa persen yang sudah dimanfaatkan," lanjut dia.

Dia menyarankan agar, pemprov DKI lebih peka terhadap hal tersebut, terutama dalam pemanfaatan tanah untuk kemaslahatan warga DKI Jakarta.

"Masyarakat DKI semuanya sangat berharap supaya tanah itu bisa dimanfaatkan karena di situ (kawasan Kramat Jati) rawan banjir, sehingga sangat dibutuhkan fasilitas tangkapan atau resapan air," urainya.

Sebelumnya, Justin juga mengkritik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota yang gemar menggelontorkan ratusan miliar per tahun untuk pembebasan lahan, namun tak kunjung dimanfaatkan. (Zat)