WHO Memprediksi Akhir Pandemi Sudah Dekat

Ilustrasi Virus Corona. (ist)

Jakarta, Dekannews - Direktur Jenderal melaporkan, jumlah kasus Covid-19 telah menurun. Karena itu dia meyakini akhir Pandemi Covid-19 sudah dekat. 

"Kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi. Kita belum sampai di sana, tetapi akhir sudah di depan mata,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip dari Aljazeera.com, Kamis (15/9).

Dampaknya, Tedros memaparkan, kasus kematian akibat Covid-19 pada pekan lalu turun ke level terendah sejak Maret 2020.

"Jika kita tidak mengambil kesempatan ini sekarang, kita menghadapi risiko lebih banyak varian, lebih banyak kematian, lebih banyak gangguan, dan lebih banyak ketidakpastian,” ujarnya.

Untuk itu ia mendesak negara-negara untuk melanjutkan upaya mereka melawan virus itu. Dia juga meminta agar memperhatikan 100 persen kelompok berisiko tinggi dan terus menguji virus. 

"Peluncuran vaksin dan terapi telah membantu membendung keparahan penyakit," tukasnya.

Meski demikian, WHO memperingatkan kemungkinan gelombang virus di masa depan. Karena itu, negara-negara perlu mewaspadainya. Pasokan peralatan medis harus dijaga dan petugas kesehatan harus memadai.

"Kami memperkirakan akan ada gelombang infeksi di masa depan, Berpotensi pada titik waktu yang berbeda di seluruh dunia yang disebabkan oleh subvarian Omicron yang berbeda atau bahkan varian yang berbeda,” kata ahli epidemiologi senior WHO Maria Van Kerkhove. (Zat)