Syarif Raih Gelar Doktor Dari Universitas Borobudur, Predikat Cumlaude

Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif Meraih Gelar Doktor Dengan Predikat Cumlaude Dari Universitas Borobudur. (Zat)

Jakarta, Dekannews - Sekretaris Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Syarif berhasil meraih gelar Doktor pada sidang terbuka promosi doktor hukum di Universitas Borobudur, Jl. Raya Kalimalang, Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, pada Sabtu 12 November 2022.

Dalam sidang terbuka kali ini, Syarif yang juga politisi Gerindra tersebut berhasil menyabet nilai cumlaude alias nilai terbaik.

"Dengan melihat paparan disertasi anda (Syarif) dalam sidang, anda dikatakan lulus dengan predikat cumlaude," ujar salah satu penguji sidang, Sabtu (12/11/2022).

Sebelum dikukuhkan sebagai gelar doktor, dalam sidang kali ini, penguji sempat menanyakan pada Syarif.

"Apa manfaat reklamasi (Jakarta) ini?," tanya salah satu penguji.

"Saya mengatakan reklamasi ini tidak ada manfaatnya," jawab Syarif.

Sementara, saat ditemui awak media Syarif mengatakan, mengambil disertasi mengenai "Politik Hukum Dalam Pencabutan Izin Pelaksanaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta Dalam Upaya Untuk Mencapai Kesejahteraan Masyarakat Dan Kepastian Berinvestasi".

Menurut dia, permasalahan reklamasi merupakan isu yang cukup penting. Bahkan dia mengaku selama setahun dirinya mengerjakan disertasi ini.

 "Iya, 12 bulan saya melakuakan penelitian, idealnya padahal 3-4 bulan, karena ini issuenya seksi makanya 12 bulan saya melakukan penelitian ini," kata Syarif.

Sebagaimana diketahui, dalam sidang terbuka promosi doktor hukum Syarif ini turut dihadiri, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono, eks Wakil Gubernur DKI Ahamad Riza Patria, Sekertaris Dewan (Sekwan) Firmansyah, serta jajaran pejabat lainnya. 

Sejumlah tokoh nasional juga terlihat hadir dalam acara tersebut diantaranya, Sarwono Kusumaatmaja, pengamat tata kota Yayat Supriatna, pengamat tata kota dan Trubus Rahadiansyah dan Ketua Umum Forum Betawi Rempug KH Luthfi Hakim. (Zat)