Formula E Sesuai Kebutuhan Warga DKI, Dipertanyakan Sekjen Gerindra

Sekjen Gerindra Syaiful Mujani (ist)

Jakarta,Dekannews-Sekjen Gerindra Ahmad Muzani membuat pernyataan mengejutkan terkait penyelenggaraan Formula E yang rencananya digelar tahun depan di Jakarta.

Kepada media, Mujani mempertanyakan apakah Formula E dapat membuat warga DKI Jakarta bahagia.

"Begini, Formula E itu sebuah event yang akan diselenggarakan tahun depan kan. Dari awal itu kami termasuk dan kami akan membela terus kepemimpinan Mas Anies di DKI Jakarta sampai berakhirnya periode. Di DKI Jakarta, kami support terus," kata Muzani kepada wartawan, Sabtu (27/11).

Untuk diketahui, Partai Gerindra bersama PKS memang partai yang mengusung Anies pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Anies ketika itu berpasangan dengan politikus Partai Gerindra Sandiaga Uno, yang kini digantikan Ahmad Riza Patria.

"Tapi, pertanyaannya adalah apakah Formula E bagian dari kebutuhan masyarakat DKI Jakarta? Apakah itu yang menjadi kesejahteraan?" ujar Muzani.

Selama memimpin DKI Jakarta, Anies memang menggunakan slogan 'Maju Kotanya Bahagia Warganya'. Menyinggung slogan itu, Muzani mempertanyakan apakah Formula E membuat warga Jakarta bahagia.

"Karena tag line-nya itu 'Maju Kotanya Bahagia Warganya', apakah itu ukuran kemajuan dari sebuah kota? Apakah itu yang menyebabkan masyarakat Jakarta bahagia? Nah itu masalahnya," tanya Muzani.

Muzani juga berharap kebijakan Anies selama memimpin DKI Jakarta sesuai dengan keinginan warga DKI Jakarta seperti pengendalian banjir, karena hujan masih menjadi penyebab banjir berdampak ke warga.

"Sementara di DKI Jakarta dua jam hujan, banjir, tiga jam hujan banjir, dan seterusnya. Maksud saya, kalau itu yang menjadi kebutuhan, kami support, tapi itu yang bolak-balik kami pertanyakan. Supaya kita tidak gagal dalam menangkal semangat atau harapan masyarakat Jakarta," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, pengamat kebijakan publik Sugiyanto yang kerap menyoroti seputar pelaksanaan Formula E mengatakan, apa yang dikatakan Sekjen Gerindra harus menjadi perhatian bagi para kader gerindra yang duduk menjadi anggota dewan di DPRD DKI Jakarta.

Pria yang akrab disapa SGY ini menyoroti sikap Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta yang menjadi bagian penolak interpelasi. "Dengan adanya pernyataan dari Sekjen Gerindra, bisa menjadi sebuah bahan bagi Fraksi Gerindra untuk mengevaluasi sikapnya terkait dukungan kepada hak interpelasi Formula E. Bisa saja setelah ini mereka menjadi mendukung interpelasi,"ujarnya.(tfk)