Siapa Cawapres Religius Ganjar dan PS?

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo (Ist)

Mahfud MD, Sandiaga Uno dan atau TGB sangat berpeluang menjadi capres nasionalis Ganjar Pranowo atau  Prabowo Subianto atau PS.

Oleh : Sugiyanto (SGY)

Aktiivis Senior Jakarta

Pada pilpres 2024 akan datang  partai pilitik harus menghitung secara cermat tentang capres-cawapres. Selain soal elektabilitas dan finansial, urusan nasionalis dan religius adalah hal yang sangat penting. 

Terkait dengan capres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto (PS), mereka dikenal sebagai capres nasionalis. Sedangkan Anies Baswedan adalah capres religius. 

Bila Anies Baswedan berhasil maju, maka untuk bisa menang pilpres 2024, dia harus menghitung mencari cawapres nasionalis yang kuat. Diantaranya, ada Agus Harimukti Yudhoyono (AHY), dan mantan Panglima TNI Andhika Perkasa, termasuk Menteri BUMD Presiden Jokowi Erick Thohir. 

Hal yang sama juga harus dilakukan oleh capres nasionalis Ganjar dan PS. Dengan demikian, maka untuk saat ini hanya ada Mahfud MD dan Sandiaga Uno atau Tuan Guru Bajang (TBG). Nama-nama ini diyakini  mampu mengimbangi atau mengalahkan Anies Baswedan dalam mewakili atau menarik dukungan masyarakat religius. 

Atas dasar tersebut, maka Mahfud MD, Sandiaga Uno dan atau TGB sangat berpeluang menjadi capres nasionalis Ganjar Pranowo atau  Prabowo Subianto atau PS. 

Ini memang kalkulasi politik tingkat dasar atau level elementary, namun mengandung banyak variable, termasuk stabilitas nasional. Secara fakta pun tak terbantahkan. Partai wakil rakyat di senayan hanya ada dua pilihan yakni, partai nasionalis dan religius. 

Sebagai bukti nyatanya, kita bisa mereview pada pilpres tahun 2019 lalu. Saat itu Jokowi yang dianggap nasionalis terkondisi akan memilih  Mahpud MD yang dianggap representasi masyarakat religius. Namun pada akhirnya tetap harus memilih cawapres “Tokoh Religius” Kiyai Haji Ma’ruf Amin.