Prasetio : M. Taufik Meminta Untuk Memimpin Rapat Paripurna Pergantiannya Dari Kursi Wakil Ketua DPRD DKI

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi (Zat)

 

Jakarta, Dekannews - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan M. Taufik akan memimpin langsung sidang paripurna dengan agenda pergantian dirinya dari jabatannya saat ini.

Menurut Prasetio, M Taufik sendiri yang berinisiatif meminta kepada dirinya diizinkan memimpin rapat paripurna tersebut. Kata Prasetio, dia menyetujui permintaan tersebut.

"Beliau minta, dan itu hebat, teman saya itu," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (19/4).

Posisi M Taufik nantinya akan digantikan oleh Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani.

Prasetio menjelaskan, proses pencopotan jabatan pimpinan DPRD berbeda dengan proses anggota Dewan biasa lantaran hanya melalui Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta.

Karena itu, lanjut diasetelah paripurna, M Taufik masih sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sampai diterbitkannya surat keputusan pencopotannya oleh Kementerian Dalam Negeri. "Wakil Pimpinan Dewan ini ranahnya di Kementerian. Kalau PAW-PAW itu kan cuma ranahnya KPU sudah selesai," tutur dia.

Sebelumnya,Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari DPP Partai Gerindra prigal pencopotan M. Taufik sebagai Wakil Ketua DPRD DKI sejak Bulan Maret lalu. 

Dia membantah, M. Taufik dicopot lantaran mendoakan Anies menjadi presiden saat menggelar acara KAHMI. "Bukan,"katanya singkat di Balai kota Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Namun Riza mengungkapkan, pergantian tersebut merupakan hal lumrah terjadi pada partai. Kata dia, partai ingin memberikan kesempatan kepada kader lain untuk memimpin. (Zat)