Pertama Sejak Pandemi, Masjid Istiqlal Gelar Shalat Idul Fitri Besok

Masjid Istiqlal. (Ist)

 Jakarta, Dekannews - Masjid Istiqlal menggelar Salat Iduk Fitri pada Lebaran 2022. Namun kapasitas 75 persen atau 150.000 orang, besok, Senin (2/5).  

Shalat Idul Fitri ini merupakan kali pertama sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. "Kita hanya mempersiapkan sekitar 75 persen (dari kapasitas maksimal), 150ribu orang," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar kepada wartawan, Minggu (1/ 5).  

Adapun masjid dengan luas sekitar 2,5 Ha secara total keseluruhan mampu menampung sebanyak 250 ribu orang.   Adapun untuk pelaksanaan shalat Ied, 

Nasaruddin mengungkapkan, pihaknya  akan memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes), termasuk memanfaatkan ruang terbuka agar jemaah dapat menjaga jarak.  

"Kalau hujan, kita akan pakai emper-empernya. Kalau enggak hujan akan lebih longgar tapi tetap prokes dimonitornya ada dimana mana, jadi tidak boleh orang masuk Istiqlal tanpa pake masker kemudian juga cuci tangan segala macam," katanya.  

Dia juvamengimbau masyarakat yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di sakah satu masjid terbesar di Asia Tenggara itu untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.  

"Khususnya untuk daerah-daerah harus lebih disiplin lagi, karena selain sudah ada sertifikat vaksin, juga harus ada di PCR, dia mau masuk di ring 1, itu protokol dari paspampres , tapi masyarakat yang lainnya biasa,"  ucapnya. (Zat)