Pemprov DKI Klaim Harga Sembako Mulai Turun Jelang Lebaran

Bahan Pokok. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim terjadi  penurunan harga pada sejumlah bahan pokok menjelang lebaran 2022.  

"Hasil peninjauan kali ini terbukti ada penurunan harga juga untuk beberapa komoditas,” ujar Anies saat beninjau ketersediaan bahan pokok menjelang lebaran di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (27/4) pagi.  

Adapun penurunan harga pangan terjadi pada komoditas cabe merah keriting (12,96 persen), cabe merah TW (1,03 persen), cabe rawit merah (27,77%) dan bawamg merah (0,90 persen). Selain itu, harga terpantau stabil untuk komoditas beras, daging sapi, telur ayam, gula pasir dan LPG 3 kg. 

Selain itu dia juga memastikan jumlah komoditas pangan strategis menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 dalam kondisi mencukupi dan aman. 

Bahan pokok strategi yang dimaksud meliputi beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, cabe keriting, cabe rawit merah, bawang putih, bawang merah, gula pasir dan minyak goreng. 

"Kondisi ketersediaan komoditas pangan di Jakarta tercukupi. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi pangan di Jakarta aman 5 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri," ujarnya. (Zat)