Pemprov DKI Diminta Jamin Pendidikan Kaum Disabilitas Hingga S2

Anggota PSI DPRD DKI, Anthony Winza Probowo. (Ist)

 

Jakarta, Dekannews - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengusulkan Pemprov DKI lebih memperhatikan pendidikan penyandang disabilitas. Pemprov, kata dia harus jaminan pembiayaan dan kuota khusus untuk mendapatkan pendidikan tinggi hingga tingkat S2 (Magister).

Menurut Anggota PSI DPRD DKI, Anthony Winza Probowo, dengan pendidikan lebih tinggi, diharapkan Kelompok disabilitas akan mendapatkan kesempatan yang lebih banyak lagi dalam ketahanan ekonomi.

Pasalnya dia mengungkapkan, pendidikan itu adalah kunci untuk menggapai berbagai kesuksesan. Jadi alangkah baiknya disabilitas diberikan ruang sampai tingkat perguruan tinggi atau bahkan pascasarjana.

"Penyandang disabilitas harus dijamin pendidikannya hingga S2 dan diberikan kuota khusus untuk mendfapatkan pendidikan level Magister. Jangan cuma sampai 12 tahun saja," kata Anthony dalam keterangannya, Selasa (19/4).

Anthony juga mengatakan bahwa perlu juga untuk menambah tenaga pendidik khusus dan memberikan insentif keuangan tambahan untuk para tenaga pendidik ini.

Untuk memberikan pendidikan lebih pada kaum disabilitas, Anthony menyebutkan, DKI perlu menambah tenaga pendidik yang saat ini masih sangat kekurangan. Maka perlu berikan insentif gaji yang jauh lebih besar bagi tenaga pendidik yang tersertifikasi, lembaga pendidikannya baik swasta formal maupun vokasional.

Dengan dukungan pemerintah pada proses belajar hingga tenaga pendidik, dia menambahkan maka kaum disabilitas ini bisa semakin semangat karena pemerintah mendukung proses belajar mereka.

"Setidaknya hingga tingkat S2 sehingga meningkatkan daya saing di level-level tertinggi dalam dunia kerja," tutur Anthony. (Zat)