2 Warga Warakas Positif Covid-19 Usai Mudik Lebaran

Posko Swab Antigen Kelurahan Warakas

Jakarta, Dekannews - Dua orang warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara positif Covid-19 usai mudik dari kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri 1442H/2021. Ke dua warga tersebut diketahui positif Covid-19 usai dilakukan pemeriksaan swab tes antigen gratis di Posko PPKM kelurahan Warakas.

"Kemarin pemeriksaan dilakukan untuk 47 orang. Hari ini sudah sebanyak 43 orang yang menjalani swab tes antigen. Totalnya sudah sebanyak 90 warga dan jumlahnya akan terus bertambah karena pemeriksaan hari ini masih berlangsung. Hasilnya dua orang yang hasilnya positif sudah dirujuk ke Wisma Atlet, sisanya negatif COVID-19," terang Lurah Warakas, Makhrus Nugroho dalam pers release yang disiarkan Sudin Kominfotik Pemkot Jakarta Utara, Kamis (20/5).

Makhrus mengatakan, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19 pasca mudik di Provinsi DKI Jakarta khususnya Kelurahan Warakas pihaknya melaksanakan swab tes antigen di Posko PPKM Kelurahan Warakas hingga hari ini.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2021. "Tentang pelaksanaan pengawasan dan pengendalian mobilitas penduduk dalam pencegahan penyebaran Corona Virus Diseasse (COVID-19) pasca Hari Raya Idul Fitri 1442H/2021 M," katanya.

Makhrus menambahkan pihaknya berkolaborasi dengan tiga pilar bersama masyarakat melakukan pendataan pada warga yang baru kembali dari kampung halamannya.

"Tujuannya untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang baru datang sekaligus menjaga kesehatan masyarakat Jakarta yang tidak mudik pada lebaran tahun ini," ungkapnya.

Makhrus mengimbau agar warga Warakas yang yang baru saja kembali dari kampung halamannya untuk secepatnya melaporkan diri ke Posko PPKM Kelurahan Warakas ataupun RT/RW tempatnya tinggal.

"Dengan menunjukkan hasi swab PCR, antigen ataupun genose. Bagi yang tidak dapat menunjukkannya untuk segera melakukan pemeriksaan swab tes antigen gratis di Posko PPKM kelurahan," tandasnya. EDI