Peringatan HDKD ke-76 dan HUT Itjen ke-55, Kanwil Kumham DKI Jakarta Raih 4 Penghargaan

Pemberian penghargaan kepada Kanwil Kumham DKI Jakarta (ist)

Jakarta,Dekannews-Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 

Hal ini terbukti dengan raihan penghargaan yang didapat oleh Kanwil DKI Jakarta dalam Puncak Peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-76 yang digelar beberapa waktu lalu. 

Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun yang hadir langsung di Graha Pengayoman dan menerima penghargaan sebagai “Kantor Wilayah yang berperan aktif dalam penanganan Covid-19”. 

Penyelenggaraan vaksinasi kepada ASN, PPNPN dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang diinisiasi dan diprakarsai oleh Ibnu Chuldun menjadi contoh bagi Kantor Wilayah lainnya di Seluruh Indonesia untuk melakukan hal serupa untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Dalam penyelenggaraan Reformasi Birokrasi, Kanwil Kemenkumham DKI 
Jakarta pun berkomitmen untuk menciptakan perbaikan tata kelola pemerintahan.

Perubahan mindset dan culture set selalu diinternalisasikan oleh Pimpinan Tinggi 
Pratama kepada seluruh pegawai untuk dapat diimplementasikan pada pelaksanaan tugas dan fungsi. Salah satu kegiatan Reformasi Birokrasi yang diselenggarakan oleh Kanwil DKI Jakarta yaitu Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 

Apresiasi pun datang dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham saat memperingati Hari Ulang Tahun ke-55 pada Rabu (3/11/2021) bertempat di Aula Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. 

Dimana Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dianugerahi 3 (tiga) penghargaan sekaligus yang membuktikan bahwa penyelenggaraan Reformasi Birokrasi telah berjalan dengan baik dan maksimal. 

Raihan penghargaan “Satuan Kerja dengan nilai tertinggi penilaian TPI menuju TPN untuk berpredikat WBBM” diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly kepada Ibnu Chuldun. 

Hal ini pun menjadi motivasi dan semangat Ibnu Chuldun beserta jajaran yang sedang mempersiapkan penilaian Tim Penilai Nasional (TPN) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selain penghargaan tersebut, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga meraih 
2 (dua) penghargaan lain yang sejalan dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi yaitu Juara I Pelaporan E-LHKASN Tahun 2020 dan Juara II Kantor Wilayah Terbaik dalam Pembinaan Satuan Kerja Menuju WBK/WBBM. 

Ibnu Chuldun memerintahkan seluruh 
jajarannya untuk dapat mempertahankan capaian prestasi yang didapat pada Tahun 2021 ini baik terkait pelayanan publik maupun penyelenggaraan Reformasi Birokrasi. 4 (empat) raihan penghargaan ini pun diharapkan dapat meningkatkan capaian kinerja dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, khususnya dalam mewujudkan Satuan Kerja berpredikat WBBM.

Sebelumnya Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga telah menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Penyelenggaraan Vaksinasi kepada Pegawai, PPNPN dan WBP DKI Jakarta serta dari Dinas Kependudukan dan 
Catatan Sipil dalam Pendataan dan Vaksinasi WBP. 

Selain itu diterima pula penghargaan 
dari Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dalam Penyelenggaraan 
Bakti Kemenkumham, penghargaan kegiatan Penyuluhan Hukum dan HAM Terpadu Keliling (Peterling) dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat, penghargaan dalam penyelenggaraan Fasilitasi Kegiatan Hak Kekayaan Intelektual yang diberikan oleh Dinas Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Kemudian penghargaan terbaik pertama 
sebagai Penyelenggara Sosialisasi Hasil Penelitian Hukum dan HAM Melalui Diskusi 
Daring Obrolan Peneliti (OPINI) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan
HAM. Deretan penghargaan ini menjadi penambah semangat jajaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM Tahun 2021.(tfk)