Pengamat Nilai PJ Gubernur DKI Dari Lingkaran Jokowi : Untuk Amankan Kepentingan Politik

Pengamat Politik, Ujang Komarudin. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak lama lagi akan menanggalkan jabatannya pada bulan Oktober mendatang.   

Berdasarkan peraturan, Presiden Joko Widodo akan menunjuk langsung calon penjabat Gubernur DKI. Sejauh ini, tiga nama disebut-sebut akan direkomendasikan Kementerian Dalam Negeri kepad Presiden yaitu Marullah, Heru dan Jufri Ardianto.  

Pengamat politik Ujang Komarudin memperkirakan sosok yang akan menggantikan Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta merupakan lingkaran Jokowi. “Yang jelas Pj Gubernur DKI nanti merupakan orangya Presiden,” kata Ujang di Jakarta, Sabru (21/5).  

Dia beralasan, Jokowi mencari orang yang berasal dari lingkarannya untuk mengamankan kebijakannya di Jakarta. Selain itu untuk kepentingan politik menjelang Pemilu 2024.  

“Tentu saja pengganti Anies tersebut orang yang satu visi dan mengamankan kebijakan Jokowi di Jakarta. Selain tentu berkaitan dengan politik pencapresan dan Pilkada,” tutur Ujang.  

Sebelumnya beredar tiga nama yang akan direkomendasikan Mendagri Tito Karnavian ke Jokowi. Ketiganya adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.  Kemudian, Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali, dan Deputi IV Kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro. (Zat)