Pemprov DKI Diminta Fokus Dalam Pengembangan Ekosistem kebudayaan

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki, Cikini Jakarta Pusat. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak hanya memfokuskan anggaran untuk pengembangan Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, namun sarana prasarana di wilayah-wilayah juga harus dibangun.

Anies Baswedan akan memberikan subsidi sebesar Rp 28 miliar untuk operasional kegiatan seni budaya di Taman Ismail Marzuki (TIM), hingga akhir tahun.

Menurut Ara panggilan akrab Anggara, harus ada kebijakan dan program konkret dari Pemprov DKI Jakarta dalam pengembangan kebudayaan. "Misalkan kata Pak Gubernur ada alokasi anggaran Rp 28 miliar untuk aktivitas seni dan budaya. Itu harus jelas dan konkret kita mau programnya apa dan hasil diharapkan seperti apa," kata dia, Selasa (27/9).

Dia juga menekankan pentingnya Pemprov DKI membuat rencana pengembangan ekosistem kebudayaan.

Sebab Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI itu menambahkan, pengembangan ekosistem kebudayaan sampai akar rumput tidak kalah penting dengan pembangunan sarana fisik. 

"Ikut sertakan sanggar-sanggar budaya yang selama ini sangat jarang dijangkau. Pertunjukan atau pagelaran itu cuma satu bagian dari ekosistem. Bagian lainnya ada pembinaan, pengembangan, pemberdayaan dan sebagainya," tutup Ara. (Zat)