PSI Minta Vaksinasi Booster Jadi Syarat Semua Kegiatan

Vaksinasi Siswa. (Zat)

Jakarta, Dekannews - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mendesak Pemprov DKI mempercepat vaksinasi booster. Capaian vaksinasi booster di Jakarta tergolong rendah, hanya sekitar dua jutaan. Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, total dosis ketiga di Jakarta sampai saat ini tepatnya sebanyak 2.055.460 orang.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi yang memperbolehkan warga mudik Lebaran dengan syarat harus sudah divaksin ketiga atau booster.

"Gak sampai 50 persen. Nah ini kan membingungkan. Padahal, akses vaksin di Jakarta lebih mudah daripada di daerah lain,” ujar anggota Fraksi PSI Anggara Wicitra dalam keterangannya, Kamis (24/3).

Karena itu, menurut Anggara, PSI mendukung langkah Pemprov DKI melakukan berbagai inovasi untuk mendorong vaksinasi booster.

Dia mengatakan, percepatan tersebut akan mengurangi permasalahan warga yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

"Bagaimana caranya mempercepat vaksinasi ini? Sekarang kami berikan beberapa saran. Coba lakukan sosialisasi masif. Datang ke rumah-rumah. Jemput bola. Kalau perlu, jadikan vaksinasi booster sebagai syarat untuk masuk gedung atau ruang publik," paparnya.

Anggara menambahkan, agar penerapan vaksinasi booster dapat maksimal, diharapkan seluruh pihak dapat bersinergi.

“Lagi-lagi kami ingatkan. Ini bukan soal siapa memberikan vaksin berapa. Bukan soal siapa yang paling banyak berkontribusi. Bukan soal siapa yang menerapkan protokol kesehatan paling ketat. Ini bukan ajang pameran. Ini persoalan kita bersama," pungkasnya. (Zat)