Vaksinasi Pfizer dan Moderna Tersedia di Jakut

Vaksinasi Covid-19

Jakarta, Dekannews - Walikota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menyambut baik kehadiran vaksinasi jenis Pfizer dan Moderna yang sudah tersedia bagi masyarakat. Ketersediaan kedua vaksin tersebut berpeluang meningkatkan capaian vaksinasi di Jakarta Utara yang saat ini telah mencapai 62,40 persen atau 910.826 orang dari target 1.459.664 orang berdasarkan data laman www.corona.jakarta.go.id per Minggu (22/8) kemarin.

“Sekarang di Jakarta Utara ada empat pilihan jenis vaksin. Yang mau Sinovac ada, AstraZaneca ada, Moderna ada, Pfizer juga ada. Silakan mencari informasi untuk mendapatkannya sesuai dengan ketentuan-ketentuannya,” kata Ali saat ditemui di Ruang Bahari, Lantai 14 Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Senin (23/8).

Namun Ali menyebut yang terpenting bukan ketersediaan empat jenis vaksinasi tersebut, melainkan kesadaran masyarakat mau mengikuti vaksinasi agar memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Yang penting adalah bukan vaksinasinya ini kita lengkap di wilayah Jakarta Utara, tetapi yang penting adalah semua masyarakat tervaksinasi,” sebutnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, dr Diah Anggraini menjelaskan vaksinasi Pfizer yang dimulai hari ini di Gedung Judo, Kelapa Gading mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB menargetkan tiga ratus peserta setiap harinya. 

Untuk mengikuti vaksinasi ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi smartphone, JAKI dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.

“Syaratnya peserta merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) ber-KTP DKI Jakarta atau berdomisili DKI Jakarta dengan melampirkan surat keterangan domisili, usia 18 tahun ke atas, serta belum pernah divaksinasi. Untuk vaksinasi jenis Sinovac dan AstraZaneca kita pindahkan ke sentra vaksinasi Puskesmas yang lain. Jadi lebih terfokus di Gedung Judo untuk vaksinasi jenis Pfizer,” tutupnya.

Sementara untuk vaksinasi jenis Moderna, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilincing, dr Suzie menerangkan diikuti dua puluh delapan peserta dengan rincian 23 orang masyarkat umum dan lima orang tenaga kesehatan RSUD Cilincing, Senin (23/8). Peserta yang datang telah dijadwalkan oleh petugas layanan pelanggan (Customer Service) setelah mendaftarkan diri melalui laman https://bit.ly/pendaftaranvaksinrsudcilincing2.

“Setiap peserta vaksinasi Moderna ini kami berikan 3 tablet obat paracetamol yang dapat diminum jika merasakan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) seperti demam. Vaksinasi moderna ini tidak setiap hari karena menunggu akumulasi calon peserta empat belas orang. Kami akan kembali memvaksin Moderna pada Jumat (27/8),” tutupnya.

Diketahui, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menunjuk lima fasilitas kesehatan di Jakarta Utara yang melayani vaksinasi Moderna seperti RSUD Koja, Cilincing, RSUD Pademangan, Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, dan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok.

Sedangkan untuk vaksinasi jenis Pfizer telah tersedia di Gedung Judo, Kelapa Gading yang disusul rencananya juga disediakan di RSUD Tugu Koja, dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Family. EDI