Paham Communis dan Reformasi Ekonomi Ditiongkok (Bagian Kedua).

Pengamat Sosial dan Budaya Chandra Suwono

Reformasi dimulai dengan rencana kerja 10 Tahun dari 1978 sampai 1988 sebagai sesi yg pertama yg dicanangkan dalam kongres Rakyat nasional pertama pebuari 1978 setelah wafatnya ketua Mao.


Oleh :Chandra  Suwono (Bagian Kedua).
Pengamat Sosial dan Budaya 

Reformasi ekonomi ditiongkok yg digagas oleh  perdana menteri Deng Xiao Ping secara komprehensif,dengan politik pintu terbuka adalah membuka bangsa tiongkok keluar dari isolasi dunia,dengan empat konstitusi negara yg merupakan modernisasi secara keseluruhan segala aspek kehidupan rakyat tiongkok. 

Reformasi dimulai dengan rencana kerja 10 Tahun dari 1978 sampai 1988 sebagai sesi yg pertama yg dicanangkan dalam kongres Rakyat nasional pertama pebuari 1978 setelah wafatnya ketua Mao.

1.pertanian, Agraria.
Untuk merangsang peningkatan produksi pertanian,pemerintah mengeluarkan kebijakan yg disebut sistim tanggung jawab, para petani diberi tanggung jawab untuk mengolah tanah negara, hasilnya dibagi antara negara dan rakyat, bagian yg menjadi hak petani boleh dijual kepasar bebas.

Ketika lahan/sawah siap akan diolah untuk menanam padi,maka pemerintahpun menurunkan subsidi guna membantu biaya proses menanam padi mulai dari prakondisi hingga pasca kondisi, besaran subsidi tergantung dari luas lahan yg digarap berbanding lurus dengan target yg diberikan pemerintah.misalnya petani mengarap tanah seluas 10ha ditarget untuk menghasilkan 10Ton dan ini harus tercapai.

Hal yg positif yg dilakukan petani ditiongkok sesuai dengan budaya dan karakter bangsanya,adalah ketika subsidi diberikan untuk proses menanam padi bukan untuk kebutuhan pribadi atau rumah tangga,Karena ini adalah tugas negara,rakyat nya konsekwen ikut membangun negara sesuai tujuan dari pemerintah.

Dengan demikian sangat mendongkrak hasil pertanian,karena kerja diladang hanya membutuhkan 60 hari, dibandingkan dengan masa Mao 250 - 300 hari,sehingga waktu yg tidak digunakan diladang bisa digunakan untuk kegiatan lain yg mendatangkan profit,karena itu,kemakmuran, kesejahteraan menjadi meningkat jauh,rumah bata bertingkat,tv besar, mebel mulai menghiasi tempat tinggal mereka.bahkan sekarang mobil2pun sudah bisa mereka miliki.

2,sains dan teknologi.
Modernisasi dalam bidang pengetahuan dan teknologi juga sama halnya mendapat perhatian dari pemerintah, jumlah periset dalam berbagai bidang ditingkatkan menjadi 800.000 orang, dan diharapkan pada tahun 1988, Tiongkok hanya tertinggal 10tahun dibandingkan Barat,

Maka Tiongkok keluar dari isolasi,dengan membina hubungan baik berbagai bidang dengan negara2 barat dan Jepang,guna untuk tranfer teknologi asing, yg kemudian hari melalui periset2 yg sudah disiapkan mampu berinovasi menciptakan teknologi baru yg lebih canggih dari negara2 Barat,

Misalnya teknologi untuk kereta api,awalnya tiongkok malah memberi dari Perancis dan Jepang untuk kereta cepatnya, itu dalam Progam reformasi 10 Tahun pertama,tapi pada Progam 10 kedua,tiongkok sudah mampu memproduksi kereta cepat yg sama canggih nya dengan milik Perancis dan Jepang yg disebut DONG CHE, namun pada 10 tahun ketiga mereka mampu menciptakan kereta super canggih dengan kecepatan stabil di 420km/Jam dengan nama Gao Tie.

3.pertahanan negara.
Meskipun tiongkok memiliki angkatan senjata terbesar didunia,namun teknologi yg dimiliki jauh tertinggal dengan negara barat sekitar 20 - 30 tahun saat itu,namun pembelian persenjataan pada negara lain akan memakan biaya yg tinggi dan ketergantungan pada negara lain.

Maka modernisasi persenjataan dilakukan secara selektif,lebih mengutamakan produksi sendiri dengan pengembangan inovasi dari periset periset yg sudah disiapkan, saat ini tidak kurang dari 2jt periset ditiongkok,mereka itu lah yg berinovasi mengembagkan teknologi baru,canggih bahkan melebihi pencapaian negara barat. 

Ruang,waktu,biaya disiapkan pemerintah dalam berinovasi mengembang teknologi baru,hasilnya pada 10 thn kedua china berhasil meluncurkan Shen zhou 5 dan negara ketiga yg menempatkan manusia di luar angkasa pada 15 Oktober 2003, 

4.Industri.
Pengembangan industri yg menjadi dasar transformasi dari negara miskin, kumuh, kotor menjadi super power diawali dengan penetapan Special ekonomi zone(SEZ),meliputi 3 propinsi yg dianggap memenuhi standar dalam sesi 10 Tahun pertama.

Dengan rencana pembangunan yg komprehensif untuk menyiapkan sorga bagi investasi asing,diawali dengan pembangunan infrastruktur kereta api, jalan tol, pelabuhan internasional dan zona industri dengan daerah ekonomi khusus,semuanya terintegrasi satu sama lain nya,payung hukumpun disiapkan berupa insentif pajak untuk 30 tahun,15 tahun pertama bebas pajak dan 15 tahun hanya membayar 50% dari nilai yg seharusnya dibayar. 

Propinsi Guang Dong paling Selatan Timur,propinsi Jiang Su, Propinsi zhe jiang adalah propinsi yg dianggap memenuhi syarat untuk membuat landasan ekonomi, karena memungkinkan adanya pelabuhan Internasional untuk aktifitas ekspor maupun import.

Semua tertata rapi misalnya untuk industri dasar dan kecil Micro itu ditempatkan pada daerah Selatan Timur kota Shen zhen,yg awalnya hanya kampung nelayan dengan 200 kk saja, tapi saat ini menjadi kota megapolitan dengan penduduk 12 jt, dan kota Dong Guang serta ZU HAI adalah daerah industri Micro kecil sebagai penunjang industri manafarture yg dikembangkan dipropinsi Zhe Jiang dan Jiang Su dengan infrastruktur yg terintegrasi sama lainnya.

Inilah yg membuat tiongkok menjadi sorga bagi investasi sektor ril,dan kontrol ketat terhadap investasi asing sangat diprioritaskan untuk mengangkat ekonomi Tiongkok secara keseluruhan,dan transfer teknologi. 

Pada reformasi sesi 10 thn kedua dan ketiga daerah industri diperluas ke beberapa propinsi lainnya misalnya Shan Dong,Fu jian,Hunan,Si chuan dan propinsi Liao Ning, Guang Xi, ini adalah pemerataan modernisasi dan pembangunan yg berkesenanbungan.

Keempat konstitusi dan modernisasi adalah acuan bagi siapapun yg menjadi Presiden ditiongkok,dan harus dijalankan dengan target menghapus kemiskinan dan menjadi negara maju, modern,untuk itu negara membutuhkan kestabilan politik dan birokrasi yg efektif,efisien.

Tiongkokpun sangat serius dalam penanganan korupsi,karena korupsi bisa sangat menghambat kebangkitan Tiongkok,maka gebrakan pemberantas korupsi melalui PM ZHU RONG Ji(1997-2002)dengan motto berikan saya 100 peti mati,99 peti buat mereka yg korupsi dan sisakan 1 buat saya apabila saya melakukan korupsi, ini merupakan tekad dan konsistensi dari pemerintah untuk membersihkan korupsi dalam birokrasi,

Hukuman berat sampai pada hukuman mati diterapkan kepada mereka yang berani melakukan tindak pidana korupsi, terlepas dari hubungannya yang dekat dengan penguasapun hukum tetap ditegakan. 

Dengan ke 4 konstitusi dan modernisasi yg dijalankan secara berkelansungan dan penegakan hukum sebagai panglima dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini akan membuat kebangkitan Tiongkok sebagai super power adalah pasti dan pada batas yg belum nampak,Mr Kevin Ruud, clearly, China is unstopable now,China Rose And New world order"La Trobe.

The End.