Paham communis dan Reformasi ekonomi ditiongkok.

Pemgamat Sosial dan Budaya

Reformasi ekonomi diawali dengan kalimat dari Mr Deng yg merupakan tokoh besar dalam sejarah reformasi ekonomi diTiongkok, bahwa kucing itu tidak penting berwarna hitam atau putih yg penting bisa menangkap tikus itu kucing yg baik,ini pertanda Tiongkok meninggalkan ideologi Marxisme,Leninisme maupun Maoxisme.

Oleh : Chandra Suwono (Bagian pertama)
Pengamat Sosial dan Budaya

Ideologi atau paham komunis adalah salah satu ideologi yg berkenaan dengan politik, sosial dan ekonomi yg sudah hidup sejak ribuan tahun yg lalu,tujuan utamanya adalah demi terciptanya masyarakat sosial ekonomi berdasarkan kepemilikan bersama,dan tidak ada hubungannya dengan agama,ideologi yg meletakan kepentingan negara diatas individu. 

Paham yg bertentangan dengan kapitalis yg mendewakan kepemilikan individu dan ketika Revolusi industri di Eropa pada abab ke18 yg berdampak pada kemakmuran individu, sedangkan pada pihak yg lain,para pekerjaan masih hidup dalam kesengsaraan dan dikorbankan,maka muncul dorongan untuk berbagi,shared,communis dalam bahasa latin nya,agar bisa berbagi kemakmuran untuk semua orang.

Jadi komunis berasal dari bahasa latin (communis) yg arti nya berbagi shared,dan para filosof Karx Marx dan Friedrich Engel terdorong untuk menguraikan dasar ideologi komunis dalam karya mereka,sehingga menjadi ideologi politik dengan Minifesto partai komunis yg pertama dijerman pada tahun 1848.

Mereka berpendapat bahwa konflik kelas melekat dalam kapitalis dan mendorong kelas pekerja untuk bangkit melawan kaum Borjuis yg memiliki modal dan alat alat produksi dan mengambil semua keuntungan dari pekerja,maka konsep ekonomi komunis adalah untuk menciptakan masyarakat tanpa kelas dimana setiap orang berkontribusi berdasarkan kemampuan mereka dan menerima sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Rusia partai komunis Rusia didirikan Vladimir Lenin tahun 1912 dari fraksi Bolshevik dan sukses melancarkan revolusi menggulingkan pemerintahan sementara,dan melimpahkan semua kekuasaan pemerintahan kepada dewan pekerja,dan mendirikan Republik sosialis federasi Soviet Rusia,negara sosialis pertama didunia global.

Pada akhir tahun 1922 ,melalui perang sipil fraksi Bolshevik muncul sebagai pemenang menyatukan seluruh wilayah yg sebelum dikuasai kekaisaran Rusia kedalam Republik sosialis Uni Soviet,adalah tidak lepas dari ketangguhan sekjen partai komunis Rusia Joseph Stalin,karena saat itu Lenin sendiri berada dipengasingan di Swiss.

Joseph Stalin pengagas ideologi Marxisme,Leninisme,setelah Lenin meninggal pada tahun 1924,Stalin mampu mengalahkan para pesaingnya dan berhasil merebut kekuasaan untuk menguasai partai komunis sebagai pengganti Lenin.

Diktator yg sempat berkuasa sampai puluhan tahun, adalah orang yg berhasil menyebarkan paham komunis di Eropa timur,Korea Utara,laos ,Vietnam ,Kuba dan Tiongkok dengan ideologi Marxisme,Leninisme hingga beliau wafat pada tahun 5 Maret 1953 dan tubuhnya dibalsem dan diawetkan dimousolem Lenin dilapangan merah Moskwa lalu kemudian tubuhnya dipindahkan serta dikubur ditembok Kremlin oleh penerusnya.

Namun semua negara yg berideologi komunis bangkrut,
Uni soviet bubar pada desember 1991,setelah berkuasa selama 69 tahun,itu karena ketidak mampuan ideologi nya untuk menjawab tantangan perkembangan zaman, terutama konsep ekonomi nya,terkecuali korea Utara. 

Partai komunis Tiongkok,PKT berdiri pada 21 Juni 1921oleh Chen  Du Xiu,Li Da Zhao tentunya dengan bantuan  partai komunis uni Soviet,saat itu seorang anak muda umur 24 ,Mao Ze Dong yg sebenarnya beliau adalah seorang filsuf yang terinspirasi dengan Marxisme,Leninisne sehingga ikut bergabung dengan PKT yg kemudian menjadi tokoh politik besar sepanjang sejarah China.

Mao Ze Dong adalah founding Father Republik Rakyat Tiongkok yg berhasil menyatukan seluruh multi etnik dalam kesatuan Republik Rakyat Tiongkok yg dideklarasikan pada 1 Oktober 1949,dan berhasil membawa rakyat nya keluar dari penindasan imperialisme asing,penindasan tuan tanah feodalisme dan kapitalis birokrat yg menindas rakyatnya.

Namun dalam konsep ekonomi lompatan empat langkah kedepan yg digagas oleh ketua Mao, ternyata mengalami kegagalan yg menyebabkan hampir 20 jt orang mati kelaparan,kegagalan inilah yg merupakan sejarah kelam bagi bangsa Tiongkok, karena menjadi cikal bakal munculnya Revolusi kebudayaan yang penuh dengan kekacauan,pembunuhan dan penghancuran tempat2 ibadah.

Revolusi kebudayaan berakhir, seiring dengan wafatnya ketua Mao 9 September 1976.dan penggantinya Hua Guo Feng berkoloborasi dengan kaum moderat kelompok Deng Xiao PING serta membuka politik pintu terbuka dan menjalin hunbungan diplomatik  dengan Amerika Serikat tahun 1978 yang merupakan langkah awal untuk Reformasi Ekonomi ditiongkok dengan meninggalkan ideologi Marxisme,Leninisme maupun Maoxisme,pimikiran Mao.

Reformasi ekonomi diawali dengan kalimat dari Mr Deng yg merupakan tokoh besar dalam sejarah reformasi ekonomi diTiongkok, bahwa kucing itu tidak penting berwarna hitam atau putih yg penting bisa menangkap tikus itu kucing yg baik,ini pertanda Tiongkok meninggalkan ideologi Marxisme,Leninisme maupun Maoxisme.

Kaya Itu mulia menurut bapak Reformasi Deng Xiao Ping itu berarti sosialis yg tidak mengecualikan kapitalis,model ekonomi yg sulit dan jarang bisa diterapkan,mungkin satu2 nya didunia global,dan sebagai dasar untuk reformasi ekonomi untuk menuju kesejahteraan rakyat,maka diletakkan 4 konstitusi negara atau GBHN yg berlaku bagi siapa pun presiden yg memimpin tiongkok untuk dijalankan.

Empat konstitusi negara adalah,Revolusi Teknologi, Industri, pertanian dan angkatan bersenjata merupakan pembangunan berkelanjutan untuk mencapai kesejahteraan rakyat, menghapuskan kemiskinan dan menuju negara maju, modern dan   super power. 

Bersambung...........