Kasus Aktif Covid-19 Di Jakarta Merangkak Naik Hingga 4.524 Orang

Ilustrasi Virus Corona. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Wabah Covid-19 di Jakarta masih menjadi ancaman serius  Dalam beberapa pekan terakhir, Pemprov DKI mencatat jumlah kenaikan yang cukup tinggi.  

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Dwi Oktavia menjelaskan jumlah kasus aktif di Jakarta mengalami kenaikan 442 kasus.

Tambahan kasus baru kata, Dwi menambah jumlah kasus aktif atau pasien yang masih dirawat/isolasi mencapai 4.524 orang.  

"Kami turut mengimbau agar masyarakat juga mewaspadai penularan varian Omicron," ucap Dwi kepada wartawan, Minggu (19/6). 

Dia pun menjelaskan positivity rate di Jakarta kini berada di angka 7,2 persen. Sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 11,5 persen.  "WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen," ujarnya. 

Data Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat telah dilakukan tes PCR sebanyak 9.888 spesimen pada Sabtu (18/6).   Selain itu, dilakukan pula tes Antigen sebanyak 11.217 orang dites, dengan hasil 288 positif dan 10.929 negatif.

Perlu diketahui, hasil tes antigen positif di Jakarta tidak masuk dalam total kasus positif karena semua dikonfirmasi ulang dengan PCR. (Zat)