Hanya Memindahkan Macet Di Ruas Jalan Lain, Efektivitas Perluasan Ganjil Genap Dipertanyakan

Aturan Lalu Lintas Ganjil Genap. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta mempertanyakan efektivitas dari perluasan aturan ganjil genap di 25 Ruas jalan untuk mengatasi kemacetan Jakarta.  

Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani mengakui jika penerapan sistem Ganjil Genap mampu mengurangi kemacetan di sejumlah ruas jalan. Namun kemacetan justru terjadi di ruas jalan lain. 

"Selama ini ganjil-genap memang terbukti mengurangi kemacetan di beberapa titik, tapi terkadang malah menambah kemacetan di titik tertentu," ujar Rani di Jakarta, Kamis (26/5).  

Karena itu Rani meminta agar Dishub DKI tidak langsung menerapkan kebijakan ganjil genap secara permanen. Namun harus dilakukan uji coba dan evaluasi terlebih dahulu. "Sebelumnya harus di uji coba dulu sebelum ditetapkan menjadi aturan baku," ungkapnya.  

Anggota komisi E itu juga berharap Dinas melakukan persiapan matang sebelum menerapkan kebijakan itu. "Aturan ini harus dipertimbangkan secara matang dulu. Lalu diterapkan untuk mengurai kepadatan dan penumpukan kendaraan," pungkasnya.  

Sebelumnya Kepala Dishub DKI beralasan memperluas aturan ganjil genap lantaran kemacetan yang mulai terjadi di ruas jalan d Jakarta. "Memang di beberapa ruas yang tanpa ganjil genap, volume kendaraan meningkat," ucap dia, Rabu lalu. (Zat)