Hadir di Jakarta, Perindo Siap “Tekan” Jumlah RW Kumuh

Ketua Partai Perindo DKI Jakarta Effendi Syahputra-Foto-INT/IST

Jakarta, Dekannews-Selaras dengan tagline "Membangun Jakarta Sejahtera," kehadiran Partai Perindo dalam tata kelola daerah di Jakarta akan diarahkan kepada isu-isu yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Jakarta.

Salah satu yang menjadi konsen utama dalam program kerja politik Perindo Jakarta adalah ikut serta aktif dalam kerja-kerja politik menekan jumlah RW (Rukun Warga) berkategori kumuh di Jakarta. Ketua DPW Partai Perindo DKI Jakarta Effendi Syahputra menyatakan bahwa sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), masih ada 450 RW kumuh di Jakarta (Data 2023) yang perlu ditekan ke titik nol.

“Lima tahun ke depan, isu RW kumuh ini akan menjadi prioritas utama kami untuk kita tekan. Ini bagian dari program utama Partai yakni menciptakan Jakarta yang sejahtera, terlebih setelah pergeseran status Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ),” kata Effendi Syahputra.

Ditambahkan pula bahwa untuk program pengentasan RW kumuh ini, Perindo DKI akan menawarkan solusi-solusi politik kepada Pemerintahan Provinsi Jakarta yang akan menjadi mitra kerja Perindo sebagai partai politik melalui perwakilannya yang akan duduk di DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029.

“Kami tentu akan menyalurkan aspirasi-aspirasi masyarakat yang telah kami simpulkan, termasuk dengan ide-ide serta solusi dari kami bagaimana menuntaskan isu RW kumuh ini di Jakarta,” ujar Effendi.

Komunikasi politik dengan partai politik lain kata Egfemdi, juga akan dia lakukan untuk bersama-sama mendorong setiap program terbaik. Langkah ini, tegasnya adalah untuk mengurangi jumlah RW kumuh ini di Jakarta. 

“Perindo Jakarta juga akan merinci setiap ajuan anggaran untuk dapat bersama-sama dengan Pemprov DKI Jakarta membenahi tampilan Jakarta agar terbebas dari pemukiman kumuh,” tambahnya.

Menurut Effendi, ke depan, dia tidak ingin lagi ada kawasan kumuh bersanding dengan gedung-gedung atau kawasan elit di Jakarta. Disparitas kesejahteraan seperti ini, ucap Effendi  akan menjadi prioritas dan perhatian serius Partai Perindo DKI Jakarta 

“Pada intinya, haru dipersempit lewat kebijakan-kebijakan politik yang berorientasi pada penataan ulang area-area kumuh di Jakarta, yang tentunya akan digaungkan Partai Perindo Jakarta,” tutupnya.(Nto)