Gibran: IKN akan Buka Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru

Momen pendukung Prabowo-Gibran saat debat Wacapres

Dekannews, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan salah satu manfaat besar dari pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, wilayah IKN akan memberikan kesempatan sekaligus membuka akses bagi pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia.

"Pembangunan IKN yang berkelanjutan ini akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru. Membuka akses dan juga konektivitas sekaligus membuka lapangan kerja," ucap Gibran saat memaparkan visi misi dalam debat cawapres di gedung JCC, Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12).

Gibran melanjutkan, IKN merupakan bagian dari pemerataan pembangunan yang awalnya 'Jawa Sentris' atau berpusat di Pulau Jawa. Sejalan dengan itu, kini investasi di luar Pulau Jawa sudah mencapai lebih dari 50%. 

"Pemerataan pembangunan itu wajib. Sekarang investasi di luar Jawa sudah ada 53%," katanya. 

Manfaat lain dari IKN, kata Gibran, adalah mampu mendorong upaya tranformasi khususnya pembangunan dan ekonomi di tanah air. Hal itu tentunya sejalan dengan tujuan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.
 
"IKN ini bukan hanya saja membuka pemerintahan tetapi juga simbol pemerataan penbangunan Indonesia dan simbol transformasi pembangunan di Indonesia," ujarnya. (tfk)