Survei LSI Djayadi Hanan: Prabowo-Gibran Unggul Hampir di Semua Kelompok Demografi

Survei LSI Djayadi Hanan Prabowo-Gibran

Dekannews, Jakarta — Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dalam hampir semua kelompok demografi berdasarkan hasil rilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan.

Data tersebut diungkap oleh Direktur Eksekutif Djayadi Hanan dalam rilis survei teranyarnya bertajuk ‘Debat Capres, Netralitas Pemilu, dan Elektabilitas’, Minggu (10/12/2023).

“Prabowo-Gibran unggul hampir disemua kelompok demografi, kecuali di kelompok usia lebih dari 55 tahun Ganjar-Mahfud yang unggul,” papar Djayadi.

Dalam survei terdata, Prabowo-Gibran juga unggul dalam kategori Gender, Etnis/Suku, Agama, Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Pedesaan/Perkotaan dan Wilayah.

“Prabowo-Gibran unggul dalam kategori Gender Laki-Laki 40,5%, Perempuan 50,6%. Kategori Usia, Prabowo-Gibran unggul dalam rentan usia kurang dari 21 tahun hingga 55 tahun,” demikian menurut survei itu.

Kemudian, kategori Etnis/Suku Prabowo-Gibran tertinggi di Madura capai 60,6%, kategori Agama Islam capai 45,9%, Pendidikan tingkat SLTA 54,4%, Pekerjaan Ibu Rumah Tangga 52,6%, sementara untuk kategori Wilayah tertinggi di Jawa Timur capai 53,3%.

Survei LSI ini dilakukan pada periode 3-5 Desember 2023 dengan menggunakan metode Random Digit Dialing (RDD) yang merupakan teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Adapun, sampel survei yang digunakan sebanyak 1.426 responden, Margin of Error (MoE) survei diperkirakan kurang lebih 2,6% pada tingkat kepercayaan 95%. (tfk)