Dinkes DKI Sebut Anak-Anak Terserang Gagal Ginjal Akut Alami Sejumlah Gejala Penyakit

Ilustrasi Terserang Ginjal Akut. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan puluhan anak di ibu kota yang terserang gagal ginjal akut misterius, mengalami sejumlah gejala penyakit terlebih dahulu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia menyebutkan anak-anak tersebut mengalami gejala demam, dan infeksi saluran pencernaan. Setelah itu mereka meminum obat.

"Sebelum anak-anak ini minum obat dan kemudian mungkin mengalami gangguan ginjal akut ini adalah jenis penyakitnya ada gejala demam, ada gejala infeksi saluran cerna,” ucapnya, Jumat (21/10/2022).

Selain itu, Dwi melanjutkan, kalau anak-anak terinfeksi gagal ginjal akut misterius tersebut ada yang mengalami penurunan kesadaran, hingga gangguang pernapasan.

“Ada gejala penurunan kesadaran, ada gejala gangguan saluran napas, mungkin ini ada bentuknya batuk, kemudian mungkin flu dan sebagainya,” terang Dwi.

Atas kejadian itu, Dinkes DKI pun meminta agar masyarakat tidak panik, namun tetap waspada, serta mengonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat mengurangi risiko mengalami sakit infeksi sehingga membutuhkan pengobatan.

“Kita berusaha untuk keluarga kita anak kita, penting untuk menjaga kesehatan cuci tangan sebelum makan atau mengkonsumsi makanan dan minuman,” tutupnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, Dinkes DKI mencatat ada sebanyak 71 kasus gagal ginjal akut misterius yang terjadi pada anak-anak. Dari jumlah tersebut, 40 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia. (Zat)