100 Tahun PKT dan Reunifikasi Taiwan serta Hongkong dalam satu negara dua sistim.

Pengamat Sosial dan Budaya Chandra Suwono-Peta China-(Foto-Int)

Mempersatukan seluruh wilayah di tiongkok,kecuali Taiwan yg saat itu masih dibawah pemerintahan Guo Ming Dang dengan kehadiran Jiang Kai Sek beserta pasukan nya dan berbaur dengan penduduk setempat,dan hongkong masih dijajah Inggris pada saat itu, serta oumen (Macau)yg masih dalam cengkeraman portugis. 

Oleh. : Chandra Suwono
Pengamat Sosial dan Kebudayaan 

Perang Dunia pertama yg meruntuhkan sistim monarki di Rusia,Csar Nicholas 2 diturunkan tahta nya oleh fraksi Bolshevik dari partai komunis Rusia dan selanjutnya menjadi Republik sosialis yg dikenal dengan nama Uni Soviet dibawah pimpinan Vladimir Lenin. 

Partai komunis soviet berhasil mempersatukan seluruh etnik dari bekas kekaisaran Rusia dalam Republik sosialis Uni soviet,dan dari Uni soviet lah ideologi komunis disebar ketiongkok,melalui Voitcchinski yg mendirikan sekolah untuk mempelajari ideologi komunis di shang hai tahun 1919.

Dan atas bantuan Abram Adolf Joffe, partai komunis Tiongkok(PKT) didirikan pada tgl 21 juni 1921 oleh Mr Chen Du Xiu dan Mr Lie Da Zhao dengan demikian berarti perayaan tahun ini adalah yg ke100 thn berdirinya PKT.

MAO Ze DONG lahir dari keluarga petani di kota Shao Shan propinsi Hu Nan pada tgl 26 Desember 1893,adalah seorang kutu buku dan bisa dikatakan seorang filsuf,Dia selalu melahap semua pengetahuan yg bisa didapat dan Mao banyak menghabiskan waktunya diperpustakaan provinsi Hu Nan, tanpa melanjutkan pendidikan resminya disekolah. 

Ketika menjadi asisten perpustakaan di universitas Beijing, disanalah Mao bertemu dengan Li Da Zhao dan diperkenalkan ke Mr Chen Du Siu yg merupakan pendiri partai komunis Tiongkok, melalui didikan mereka itulah Mao tumbuh dan terinspirasi akan paham komunis Rusia yg mampu mempersatukan berbagai etnik di Rusia kedalam kesatuan Republik sosialis Uni soviet.

Pada saat yg sama Mr Mao ditunjuk PKT sebagai pimpinan pasukan merah, meskipun namanya pasukan, tapi mereka hanya kaum buruh dan petani diberi latihan militer dibawah arahan Mr Mao, inilah pasukan revolusi yg menjadi cikal bakal terbentuk nya PLA/people Liberation Army(Tentara pembebasan rakyat) Tiongkok. 

Maka Mr Mao bersama tentara pembebasan rakyat PLA mulai berjuang dan angkat senjata melakukan Revolusi tahun 1927,karena menurut Mr Mao pemerintah saat itu melakukan kesalahan dengan berpihak kepada kaum bangsawan, borjuis bukan kepada buruh dan petani. 

Apalagi pemerintah dibawah Guo Ming Dang yg didirikan Dr Sun Yat Sen, membiarkan Jepang mengambil alih daerah Shan Dong yg sebelumnya dikuasai Jerman,dan tiongkok saat itu terkoyak koyak menjadi beberapa bagian, sedangkan pemerintah Guo ming Dang hanya mampu menguasai beberapa propinsi saja. 

Maka melalui Revolusi dan perjuangan panjang yg melelahkan,dan perjuangan paling berat adalah long March dengan membawa 100rb pasukan PLA berjalan memutar dari Jiang xi ke Shan Xi sepanjang 10rb km dengan melewati 24 sungai selama setahun,untuk menembus kepungan pasukan guo ming dang,dan sisa tentara saat itu tinggal 45rb, 55 rb nya tewas dalam perjalanan dan perjuangan saat itu. 

Justru Long March adalah tekad dari Mr Mao yg mendapat simpati dari rakyat tiongkok, sehingga berhasil mengusir tentara  guo ming dang yg dipimpin Jiang Kai Sek kepulau Taiwan, dan Mr Mao berhasil mempersatukan rakyat tiongkok dengan memdeklarasikan kemerdekaan tiongkok baru dengan nama Republik rakyat Tiongkok RRT,(people's Rebuplik of Tiongkok) pada tgl 1Oktober 1949.

Mempersatukan seluruh wilayah di tiongkok,kecuali Taiwan yg saat itu masih dibawah pemerintahan Guo Ming Dang dengan kehadiran Jiang Kai Sek beserta pasukan nya dan berbaur dengan penduduk setempat,dan hongkong masih dijajah Inggris pada saat itu, serta oumen (Macau)yg masih dalam cengkeraman portugis. 

Taiwan :

Perang tiongkok dengan Jepang tahun 1894-1895, Tiongkok saat itu masih dalam kekuasaan Dinasti Qing, walaupun dengan gagah berani melawan imperialisme jepang namun pada akhirnya Tiongkok harus tetap kalah,karena dana yg seharusnya digunakan untuk modernisasi angkatan perang, namun diboroskan oleh permaisuri Ci Xi untuk memperindah istana.

Atas kekalahan dari perang sino Jepang,Tiongkok harus menyerahkan Taiwan ke jepang melalui perjanjian Shimonoseki pada tgl 19 maret 1895,maka praktis taiwan dijajah Jepang selama 50 tahun sampai berakhirnya perang dunia Kedua 1945.dengan kekalahan Jepang atas sekutu.

Namun tentara dan keluarga Jepang yg sudah tinggal ditaiwan tidak lagi kembali kejepang,walaupun Jepang sudah menyerah kepada sekutu,bahkan menjadi tempat perlarian Tentara Jepang dari seluruh asia,sebab mereka tidak mau kembali kejepang untuk menanggung malu,tapi justru kembali ke taiwan sebagai tempat pilihan.

Mereka dengan keturunannya itulah yg berusaha merebut kekuasaan dari partai guo ming dang ditaiwan dengan mendirikan partai Min Jin Dang(partai progresif Demokratik) pada tgl 28 september 1986 dan menang dalam perebutan kekuasaan ditaiwan melalui pemilu yg disokong oleh Amerika Serikat dan Jepang. 

Min jin Dang inilah yg berambisi memisahkan diri dari RRT,dan berjuang untuk mendirikan Republik of Taiwan,karena didukung oleh nenek moyang nya Jepang dan Amerika Serikat,sejak Lie Teng Hui sampai dengan saat ini Zai Yin wen adalah dari partai Min Jin Dang yg selalu membuat resah rakyat Taiwan sendiri. 

Hongkong(Xiang GANG) :

Perang candu pertama yg terjadi dilatar belakangi  penyelundup candu kedataran tiongkok oleh Inggris dan beberapa Negara barat,dengan tujuan untuk melemahkan Bangsa tiongkok yg saat itu dibawah pemerintahan Dinasti Qing,dengan mengajari Rakyat tiongkok untuk mengisap candu.

Pemerintah Dinasti Qing menyadari bahaya candu yg bisa melemahkan bangsa tiongkok, maka dikeluarkan aturan  larangan untuk mengedarkan candu dan mengisap candu serta hukuman berat bagi pengedar dengan hukuman mati.

Candu2 dikumpulkan dan dibakar dilapangan Dong Guang,hal ini yg menyebabkan inggris marah dan langsung melakukan serangan ketiongkok pada nopember 1839,membombardir pantai selatan Timur tiongkok, tanpa adanya pernyataan perang,inilah perang candu pertama,tidak sulit bagi Inggris untuk dapat menguasai kota kota pelabuhan seperti hongkong, guang dong, Xia Men, Fu zhou, dan Ningbo,bahkan sampai di shang Hai hingga tahun 1842.dan tiongkok kalah saat itu karena Inggris unggul dalam persenjataan.

Akibat dari kekalahan perang candu pertama, tiongkok harus memberikan kota pelabuhan hongkong keinggris,melalui perjanjian Nan Jing 29 Agustus 1842, didalam perjalanan nya Inggris merasa kota pelabuhan hongkong terlalu kecil, lalu dengan cara memaksa untuk menyewa daerah sekitar hongkong yaitu daerah kow loon,(jiu Long) dan hongkong New territories pulau lan tau digabungkan dengan hongkong,dan dianggap masa sewa berakhir 30 juni 1997,sehingga harus dikembalikan ke Tiongkok pada waktunya dengan konsep 1negara 2 sistim hingga 50 thn kedepan sejak dari tahun pengembalian nya.

Jadi Taiwan maupun Hongkong adalah bagian dari RRT,sejak dari pemerintah monarki absolut dari dinasti ke dinasti lain nya pada beberapa ratus tahun yg lalu.

Maka dalam perayaan yg ke 100 Tahun berdiri PKC presiden Tiongkok Xi Jin Ping menyampaikan,bahwa PKT bersama sama dengan rakyat Tiongkok dengan sungguh2 menyatakan kepada dunia, bahwa melalui perjuangan yg ulet penuh dengan darah dan air mata, bahwa tiongkok sudah mampu mengentaskan kemiskinan dan tumbuh menjadi kuat, dengan realisasi peremajaan besar bangsa tiongkok yg memasuki sejarah yg tidak bisa diubah.

Bangsa tiongkok tidak pernah mengganggu. Menindas ataupun memperbudak bangsa lain, tidak dimasa lalu, tidak dimasa sekarang dan juga tidak dimasa depan,sebuah sanggahan atas tuduhan internasional terkait perlakuan brutal tiongkok di xin jiang, hongkong dan Taiwan.

Meskipun demikian Tiongkok juga tidak akan membiarkan kekuatan asing untuk menggertak, menindas atau memperbudak atau memcampuri urusan internal tiongkok,siapapun yg mencoba melakukan itu, akan berakhir dengan fatal dan pertumpahan darah di depan tembok besar baja yg dibangun oleh 1.4 miliar rakyat tiongkok.

Ini adalah peringatan kepada Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang untuk tidak memcampuri urusan intern tiongkok, masalah tiongkok biar diselesaikan dengan sesama orang tionghoa, dan dengan keberhasilan transformasi dari negara kumuh, miskin dan terbalakang menjadi makmur,Sejahtera serta maju dan modern,sehingga masalah Reunifikasi Taiwan kembali ke tiongkok, bersama sama dengan hongkong, Macau dengan satu negara dua sistim adalah masalah waktu saja,dan akan terwujud cita2 dari pendiri Republik Rakyat Tiongkok untuk menjadi satu tiongkok yg besar kuat,makmur sejahtera dan maju menjadi modern. 

The End.