Soal Deklarasi Anies Capres, Begini Tanggapan Wagub DKI

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. (Ist)

Jakarta, Dekannews -  Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan, Pemprov bersikap netral terkait Pencalonan presiden Anies Baswedan.  

"Pemprov adalah organisasi pemerintahan, jadi tidak ikut dukung-mendukng. Namun kita hanya harus independen mandiri dan netral. Jadi kami menyikapi dukung mendukungnya sesuai dengan aturan dan ketentuan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, dikutip Kamis (9/6).  

Menurut dia, aksi dukungan terhadap calon presiden merupakan hak masyarakat. Karena itu dia tidak mempermasalahkan dukungan masyarakat kepada Anies namun Pemprov tidak melakukan politik praktis.  

"Namanya pemerintah pusat sampai daerah itu tidak berpolitik praktis, tetapi kalau ada massa yang mencalonkan a, b, c, d itu hak masyatakat, sejauh disampaikan dengan terbit, aturan dan ketentuan," jelas dia.  

Karena itu Politikus Gerindra tersebut berharap Pemilu tahun 2024 terlaksana dengan sukses. Dukungan masyarakat lanjut dia, diperlukan Capres untuk memenangkan ajang pesta demokrasi tersebut.   

"Mendukung siapapun silahkan aja, termasuk mendukung atau tidak mendukung satu calon itu hak warga, kita hormati, itu hak warga, negara kira negara yang demokratis, sejauh ini pemilu baik, kita berharap pemilu nanti kita bisa lebih baik lagi," kata dia.  

Sebelumnya meski pelaksanaan Pemilu 2024 masih jauh, namun aksi deklarasi dukungan calon presiden sudah dilakukan sejumlah elemen masyarakat.   Kali ini, deklarasi dukungan digelar kelompok masyarakat yang menamakan diri Majelis Sang Presiden. Mereka menyelenggarakan "Deklarasi Anies Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029". Acara digelar di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu, 7 Juni 2022. (Zat)