Prasetyo Bantah Pemberitaan Jumpa Pers Dukung Formula E di Jakarta Dampingi Bamsoet

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi(ist)

Jakarta, Dekannews-Lewat akun Face Book Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi membatah pemberitaan media online yang memuat foto jumpa pers dirinya mendampingi   Bamsoet memdukung Formula E.

“Saya sangat menyesalkan media massa yang telah mengeluarkan berita dengan foto tanpa melakukan pengecekan fakta dan konfirmasi,” kata Prasetyo  pada akun FB pribadinya, Minggu (17/10).

Prasetyo juga menjelaskan bahwa dalam  berita https://www.rmoldkijakarta.id/jumpa-pers-dukung-formula-e-di-jakarta-bamsoet-didampingi-prasetio, menafsirkan seakan-akan dirinya hadir dalam konferensi pers mendukung pelaksanaan Formula E.

“Padahal foto tersebut diambil saat saya selaku Dewan Pembina IMI sedang mendampingi Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo pada inspeksi pra-homologasi Sirkuit Mandalika bersama perwakilan Dorna Sport. Foto itu sendiri diambil pada Rabu, (7 April 2021),” kata Prasetyo.

Politisi senior PDIP yang akap disapa Om Pras  ini mengatakan kerja jurnalistik seharusnya mengungkapkan fakta dan menguji kebenaran dari sebuah informasi. Bukan asal comot dan kemudian melakukan interpretasi dengan tujuan menggiring opini.

“Hingga saat ini sikap saya tegas, tetap mendukung penggunaan hak interpelasi DPRD pada penyelenggaraan Formula E di Jakarta,” ungkap Om Pras

Lebih lanjut Om Pras menjelaskan hak bertanya melalui interpelasi dewan merupakan kewajiban yang melekat pada dirinya dalam menjalankan fungsi pengawasan sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta.

Menurut Om Pras anggaran yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan Formula E telah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam laporan hasil pemeriksaanya terhadap APBD DKI di tahun 2019-2020. 

Dengan demikian sudah semestinya Gubernur Anies menjelaskan di dalam forum resmi rapat paripurna DPRD DKI Jakarta agar semuanya terang benderang.

“Soal terselenggaranya Formula E atau tidak di Jakarta itu persoalan lain. Saya bersama Fraksi PDI Perjuangan dan PSI di DPRD DKI Jakarta hanya ingin mendapatkan penjelasan dan jawaban terkait uang ratusan miliar yang telah dikeluarkan untuk Formula E ini,”  tegas Om Pras.

Menangapi hal tersebut pengmat kebijakan publik Sugiyanto yang biasa disapa SGY memuji langkah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam mengambil sikap tegas tetap mendukung interpelasi Formula E.

SGY menilai bantahan klarifikasi Prasetyo ini penting lantaran dapat mendudukan persoalan pada tempatnya. Kata SGY mendukung interpelasi tidak seta merta menolak Formula E melainkan hanya lah hak dewan untuk bertanya dengan tujuan untuk hal kebaikan.

“Bantahan  Om Pras itu sudah tepat. Lagian tujuan Om Pras benar yakni menjalankan hak dewan dalam betanya tentang Formula E. Ini hal yang wajar saja. Seharusya didukung semua pihak dan  tak perlu ditakuti,” tegas SGY.