PKS Minta Warga Kalsel Tertib Saat PSU Pilgub

Wakil Ketua Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsyi -(Foto-Ist)

Jakarta,Dekannews-Wakil Ketua Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsyi kembali mengingatkan pentingnya mengutamakan nilai persatuan dan kesatuan dalam setiap kehidupan termasuk dalam kontestasi pemilu langsung/pilkada.

“Kita harus kedepankan persatuan dan kesatuan saat pelaksanaan pemungutan suara ulang yang akan dilakukan di Kalimantan Selatan. Hal ini penting untuk diingatkan dalam upaya menjaga keamanana dan suasana kondusif di Kalimantan selatan," katanya dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, kemarin. 

Anggota MPR RI dari dapil Kalimanmtan Selatan 1 menyampaikan salah satu upaya menjaga persatuan adalah dalam menyikapi hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) dalam Pilgub Kalsel  yang mana PSU tersebut merupakan keputusan dari Mahkamah Konstitusi yang harus di hormati. 

“Soal PSU ini adalah putusan MK yang harus kita hormati dan kita laksanakan. Hal ini adalah bagian dari proses demokrasi di Indonesia. Disini diperlukan kedewasaan kita dalam berbangsa dan bernegara, yaitu dengan sikap terus menjaga kerukunan diantara para warga, itu adalah nilai penting dari pilar kebangsaan,”paparnya.

Aboe bilang, memang setiap PSU memiliki potensi pergesekan antar kelompok masyarakat di lapangan. Namun, dia memiliki keyakinan bahwa warga Kalsel akan selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan diatas persoalan apapun, termasuk Pilkada tersebut.

Aboe meminta agar semua pihak menahan diri dari tindakan yang provokatif atau tindakan yang berpeluang memicu konflik akibat PSU ini. 

“Kesadaran semua pihak penting sekali, untuk menempatkan PSU ini tidak terlalu berlebihan. Kita laksanakan PSU ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga Kalsel akan tetap aman dan kondusif sepanjang pelaksanaan PSU,' pesan ketua MKD ini. (fn)