Pengaspalan Formula E Rampung, PDIP : Perlu Diujicoba Untuk Memenuhi FIA, Jangan GR Dulu

Sirkuit Formula E. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Penyelenggaraan ajang Formula E tinggal menghitung hari atau tepatnya pada 4 Juni 2022. Penyelenggara telah merampungkan aspal untuk balapan mobil bertenaga listrik itu pada Minggu (10/4). 

Terkait hal itu, Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono meminta penyelenggara Formula E tidak berpuas diri dan gede rasa (GR). Lanjut dia, pengaspalan sirkuit Formula E belum tentu memenuhi standar FIA (Federasi Automobil Internasional). 

"Jadi Jangan GR dulu udah pasti, belum tentu juga (memenuhi standar FIA)" kata Gembong kepada awak media, Selasa (12/4). 

Sebab, setelah pengaspalan sirkuit rampung, untuk memenuhi standar FIA akan melewati banyak tahapan dan di uji.  

"Secara fisik jadi boleh, tapi apakah itu layak atau tidak bukan kita yang menentukan. Kan belum tentu memenuhi standar. Tahapannya kan perlu ada sertifikasi dari FIA (Federasi Automobil Internasional) juga kan ," jelas Gembong. 

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI itu menambahkan, sebahrusnya ada organisasi seperti di Mandalika yang bisa menetapkan dan mengeluarkan sertifikasi track bahwa track itu sudah layak memenuhi standar FIA. 

"Seharusnya ada organisasi yang bisa menetapkan, mengeluarkan sertifikasi atas track yang mengikuti standar," ucapnya. 

"Sama seperti di Mandalika kemarin sudah rapi bagus ternyata harus diaspal ulang misalkan, itu kan masih perlu waktu lagi," tutup dia.

Seusai pengaspalan, PT Jakarta Propertindo atau Jakpro bakal melanjutkan pembangunan sirkuit dengan memasang infrastruktur pendukung. Seperti, kursi penonton alias tribun, pagar, dan jembatan. (Zat)