Pemprov DKI Berkomitmen Terus Hadirkan Hunian Terjangkau bagi Warga Ibu Kota

Peletakan batu pertama Menara Ayasa Nuansa Cilangkap

Jakarta, Dekannews - Pemerintah DKI Jakarta hari ini, Kamis (25/5), melaksanakan peletakan batu pertama Menara Ayasa Nuansa Cilangkap di Jalan Cilangkap Raya, Cipayung, Jakarta Timur.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono menyampaikan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Jakarta telah menyentuh 11,4 juta jiwa. Dengan begitu, pemerintah harus menghadirkan solusi hunian layak yang pas di kantong warga.

"Menjadi tugas kita untuk memikirkan dan memberikan solusi masyarakat tinggal di lokasi yang layak huni," ujarnya, Kamis (25/5).

Menurut Sekda Joko, program hunian terjangkau tanpa DP atau uang muka merupakan komitmen Pemda DKI untuk membantu warga memiliki hunian yang nyaman.

PNS DKI eselon 1 ini pun meyakini, dengan dibangunnya Menara Ayasa di Nuansa Cilangkap, dapat menyelesaikan backlog perumahan di tahun 2045.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Agus Himawan menuturkan, hunian terjangkau Menara Ayasa yang berada dalam kawasan Nuansa Cilangkap ini dibangun diatas luas lahan seluas kurang lebih 2,9 hektare dengan luas bangunan mencapai sekitar 2 hektare.

"Menara Ayasa akan terdiri dari 24 lapis dengan 415 unit dan memiliki tipe hunian dua kamar," imbuhnya.

Agus mengungkapkan, Perumda Pembangunan Sarana Jaya secara aktif melakukan sosialisasi dan bekerja sama dengan beberapa institusi pemerintah, di antaranya BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), dan Perum Perumnas.

"Hal ini kami lakukan agar dapat terus meningkatkan jangkauan calon penghuni di kalangan BUMD, BUMN, dan ASN yang berdomisili di DKI Jakarta yang belum memiliki hunian dan tentunya akan diproses sesuai ketentuan," tegasnya.

Menara Ayasa, lanjut Agus, hadir untuk memberikan kenyamanan dan kebahagiaan bagi penghuninya. Menara Ayasa Nuansa Cilangkap juga menawarkan kemudahan akses menuju pusat-pusat bisnis, perkantoran, pusat pendidikan, dan sarana transportasi. Dengan lokasinya yang strategis, sehingga para penghuni dapat merasakan kenyamanan hidup di lingkungan yang ramah dan berkembang.

"Besar Harapan kami pembangunan Menara Ayasa ini dapat menjadi solusi bagi warga DKI Jakarta yang belum memiliki hunian yang nyaman dan terjangkau DKI Jakarta," tutur Agus.

Ia mengajak seluruh masyarakat Jakarta, khususnya MBR dan ASN yang belum memiliki hunian sesuai ketentuan untuk memanfaatkan kesempatan memiliki hunian Menara Ayasa Nuansa Cilangkap.

Untuk diketahui, Pembangunan Menara Ayasa ini merupakan menara kedua yang berada di Kawasan Nuansa Cilangkap. Menara Ayasa Nuansa Cilangkap juga akan dilengkapi dengan fasilitas halte mikrotrans yang terintegrasi, ruang terbuka hijau, balai warga, lift, lahan parkir dan klinik kesehatan.

Tahun lalu, Perumda Pembangunan Sarana Jaya telah berhasil meresmikan 1.348 unit hunian di Jakarta Timur. RED