DPRD Mendorong Pemprov DKI Manfaatkan Teknologi Perkuat Peringatan Dini Gempa

Ilustrasi Gempa (Ist)

Jakarta, Dekannews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah membahas rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024 mendatang.

DPRD DKI meminta untuk memasukan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan upaya antisipasi bencana gempa bumi.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) daerah Jakarta Selatan dan Timur dilintasi lempeng bumi yang begerak.

Dengan demikian, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah harus menyiapkan skenario sejak dini sebagai bentuk upaya mitigasi.

"Upaya antisipasi adanya gempa akibat adanya lempengan bumi itu sudah jadi aspirasi (masyarakat) waktu pembahasan anggaran tahun 2023. Kami minta diantisipasi dengan memperkuat early warning sistem," kata Mujiyono, Sabtu (18/2).

Menurut Mujiyono, selain BPBD Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya seperti Dinas Sosial juga perlu mengkaji dampak terburuk pasca terjadinya bencana. Dalam hal ini, Komisi A DPRD DKI Jakarta berharap adanya sinergitas kerja antar SKPD.

"Jakarta ini kota besar. Kalau nggak ada persiapan kan itu sangat disayangkan. Bukan hanya BPBD, tetapi juga institusi lain termasuk Dinsos untuk urusan logistiknya," tegasnya. RED