Pastikan Sistem TOS Kembali Normal, Pengusaha PPJK Sambangi Kantor JICT

Pengusaha Komunitas Logistik & PPJK Menyambangi Kantor JICT. (Dok. Dekannews)

Jakarta, Dekannews - Sejumlah pengusaha dari Komunitas Logistik & PPJK menyambangi Jakarta International Container Terminal (JICT) di pelabuhan Tanjung Priok. Aksi tersebut terkait adanya kerusakan terminal operating system (TOS) untuk operasional peti kemas sejak Kamis (17/11/2022).

"Kemarin, Senin (21/11/2022), mewakili teman-teman Pengusa dari Komunitas Logistik & PPJK. Saya bersama Mba Rospita, Mba Vero, Pak Samsu mengunjungi Jakarta International Container Terminal (JICT) di pelabuhan Tanjung Priok," kata Pengusaha dari Komunitas Logistik & PPJK Sugiyanto, di Jakarta pada Selasa (22/11/2022).

Menurut SGY sapaan akrab Sugiyanto, tujuan mendatangi kantor JIC tersebut untuk menanyakan soal terminal operating system (TOS) untuk operasional peti kemas. Kata dia, kehadiran rombongan tersebut diterima oleh oleh Senior Manager Commercial JICT Pak Dendy Apriandy dan lainnya.  

"Kami juga ingin mendengar langsung penjelasan dari JICT. Dan kami juga ingin memastikan sisten TOS untuk peti kemas sudah kembali normal, termasuk mencari solusi atas masalah yang muncul dilapangan," ujarnya.

Akibat kerusakan sistem tersebut, SGY melanjutkan hingga Jumat pagi (18/11/22) sempat menyebabkan tergangungnya pembuatan e-ticket di JICT. Sehingga kegiatan pengeluaran dan pengiriman barang import dan export pun terhambat. 

"Intinya, kami berharap agar masalah ganguan sistem TOS ini dapat segera diatasi dan nomal lagi dan kejadian seperti ini tak terulang lagi. Kami juga berharap agar JICT juga dapat segera menyeselaikan permasalahan yang dialami penguna jasa JICT akibat dari ganguan sistem TOS tersebut," paparnya.

Dalam pertemuan itu, SGY mengungkapkan, berdasarkan penjelasan Dendy Apriandy, sistem TOS di JICT sudah berjalan lagi dan berangsur-ansur menuju normal. 

"Pihak JICT yang diwakili Dendy Apriandy juga mengaku telah bekerja keras siang dan malam untuk mengatasi masah dan proses perbaikan sistem tersebut. Menurut Dendy, JICT ingin memastikan proses layanan peti kemas berjalan normal lagi, termasuk mengantisipasi permasalahan serupa muncul kembali," bebernya.

Terkait hal tersebut untuk memastikan keadaan di JICT, SGY dan team dari Komuditas Logistik & PPJK juga melihat langsung kondisi pelayan di JICT. 

"Dari pantauan kami di JICT, sejak Senin siang (21/11/22) pelayanan di JICT pun juga sudah berjalan normal," tegas SGY yang juga pengagas terbentuknya Komunitas Logistik & PPJK. 

Selain itu SGY menambahkan, lewat surat pemberitahuan tanggal 20 Nopember 2022 yang ditandatangani Dirut PT JICT Ade Hartono, JICT juga telah memohon maaf kepada pengguna jasa layanan peti kemas JICT apabila terdapat ketidaknyamanan selama proses perbaikan gangguan sistem. (Zat)