Lima Tahun Jadi Gubernur, Kinerja Anies Dicap Buruk

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta William P Sarana menilai kinerja Gubernur Anies Baswedan selama Lima tahun memimpin Ibukota tergolong buruk. Akibatnya, tidak ada kemajuan pembangunan di DKI Jakarta.

Menurut dia, Anies hanya mengerjakan program yang sifatnya memperindah. Sementara program yang seharusnya menjadi tugas utama pemprov justru diabaikan.

“Kalau saya lihat selama kurang lebih lima tahun ini adalah kosmetik. Banyak hal-hal yang sifatnya kosmetik terlihat indah, terlihat ada pencapaian. Tetapi sesungguhnya menutupi progres yang tidak signifikan,” papar William dalam keterangannya, Jumat (25/3).

Menanggapi kritik PSI tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya menghormati segala bentuk kritik yang disampaikan.

Meski demikian kata dia, selama Anies menjabat, banyak program yang dikerjakan. Program-program tersebut bahkan direncanakan bersama dari tingkat kecamatan hingga dengan DPRD.

"Kami punya prestasi dalam hal anggaran, pelaporan dan juga prestasi lainnya, yaitu bisa lihat semua kami bangun mulai dari JIS, TIM, waduk, situ, embung, pompa jalan, termasuk JPO,” ujar Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (25/3).

Riza juga mengungkapkan bahwa di bawah Anies, DKI Jakarta telah 4 kali meraih WTP (wajar tanpa pengecualian). Artinya, laporan keuangan pemprov dianggap telah sesuai dengan prinsip akuntansi.

Karena itu Riza menantang PSI untuk berkeliling Jakarta dan melihat berbagai saran yang telah dibangun oleh Pemprov DKI sebagai bukti.

“Masyakarat yang menilai mengetahui apa saja yang berubah di Jakarta, silakan keliling Jakarta. Di kota perkampungan di Jakarta semua terdapat perubahan signifikan,” tegasnya. (Zat)