Komitmen Perjuangkan Tarif Transjakarta Gratis, Adi Kurnia : APBD DKI Terbesar

Anggota DPRD DKI Adi Kurnia Setiadi. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Adi Kurnia Setiadi mengatakan dengan APBD terbesar di Indonesia mencapai Rp 83,7 triliun, Pemprov DKI Jakarta seharusnya bisa menggratiskan moda Transportasi Jakarta alias Transjakarta.

Hal ini ditegaskan Adi dalam diskusi "Forum Jakarta Kita" bersama Kantor Berita Politik RMOL di Kopi Timur, Jalan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (9/3).

"Dengan APBD yang besar, kesehatan bisa gratis, pendidikan bisa gratis, kenapa transportasi tidak dipikirkan agar bisa dirasakan kemanfaatannya bagi rakyat Jakarta?" Kata Adi.

Namun Adi membantah jika usulan penggratisan Transjakarta ini kuat muatan politis menjelang Pemilu 2024. Adi menegaskan dirinya sejak lama menyuarakan hal ini demi kepentingan warga DKI.

"Kalau ditanya memungkinkan enggak Komisi B memperjuangkan moda transportasi Jakarta jadi gratis? Jangan-jangan ini politis karena tahun politik. Nah itu tergantung gimana memandang dan menafsirkan," ungkapnya.

Selama ini operasional angkutan umum yang dikelola Pemprov DKI Jakarta memang mengandalkan dana subsidi atau public service obligation (PSO) sekitar Rp 4,5 triliun pada 2023. Duit sebanyak itu untuk subsidi tiket Transjakarta sekitar Rp3,5 triliun, MRT Jakarta Rp650 miliar dan LRT Jakarta Rp350 miliar.

Selain Adi Kurnia, acara yang dipandu reporter Kantor Berita Politik RMOL, Ahmad Alfian, turut menghadirkan Pengamat Transportasi, Azas Tigor Nainggolan. (Zat)