Klaim Amankan Zona Wilayah, Turki Luncurkan Operasi Militer Ke Suriah

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan akan mengamankan perbatasan selatan negara. Karena itu, akan meluncurkan operasi militer baru ke wilayah Suriah.  

Dia beralasam tujuan operasi tersebut adalah juga untuk memperketat keamanan dalam zona sejauh 30 kilometer di dekat Turki-Suriah.   "Kami secepatnya akan melakukan langkah baru untuk melanjutkan proyek yang kami mulai di zona aman sejauh 30 kilometer, yang kami buat di perbatasan selatan kami," kata Erdogan

Seperti dilaporkan Associated Press.   Zona aman sejauh 30 kilometer itu, menurut dia agar negaranya aman dari seranhan negara lain. "Target utama operasi ini merupakan area yang menjadi pusat serangan ke negara kami dan zona aman," lanjut Erdogan, dikutip dari Reuters.  

Erdogan mengungkapkan, sejauh ini tengah melakukan persiapan militer, badan keamanan, dan pasukan keamanan Turki. Jika sudah selesai, kata dia, operasi militer akan segera dijalankan.  Operasi tersebut kemungkinan bakal menargetkan wilayah utara Suriah. 

Operasi militer yang dilancarkan Turki bukan kalo ini saja. Namun sudah dilakukan sejak 2017 untuk menekan pergerakan Unit Pertahanan Masyarakat Kurdi (YPG). Sementara itu, YPG merupakan cabang dari Partai Buruh Kurdi (PKK). 

YPG sempat menolong Pasukan Demokrasi Suriah (SDF). SDF merupakan koalisi yang dipimpin masyarakat Kurdi dan didukung oleh Amerika Serikat untuk memberantas Negara Islam (ISIS) sejak 2014. (Zat)