Kembali Terjadi, Saat Kampanye Capres Anies Baswedan Hampir Digigit. Dugaan Muncul Hanya "Playing Victim", Polisi Harus Turun Menyelidiki!

Tangkapan Layar Video Viral (Ist)

Video viral menunjukkan Anies hampir digigit oleh seseorang yang diduga pendukungnya dalam kampanye pilpres 2024. Kejadian ini menciptakan kehebohan di media sosial

Oleh : Sugiyanto (SGY)
Ketua Himpunan Masyarakat Nusantara (HASRAT)

Video viral menunjukkan Anies hampir digigit oleh seseorang yang diduga pendukungnya dalam kampanye pilpres 2024. Kejadian ini menciptakan kehebohan di media sosial. 

Dalam video itu, terlihat seorang pria mendekati Anies dan mencoba menggigit kupingnya. Anies berhasil menghindar, dan pelaku segera diamankan. Insiden ini langsung menciptakan kehebohan di kalangan warganet.

Sebelumnya, terdapat video viral menunjukkan Anies Baswedan tampaknya ditabok saat berjalan di tengah kerumunan masa dalam rangka kampanye pilpres 2024 di Pontianak, Kalimantan Barat, pada Selasa (26/12/2023). 

Dalam video tersebut, seorang pria berkaus relawan bertuliskan "Amin" tampak menabok Anies. Video ini kemudian menjadi viral di media sosial.

Dari kedua peristiwa tersebut, diduga tim AMIN terlihat memiliki pengamanan yang longgar terhadap Anies Baswedan. Sehingga, perlunya penyelidikan menyeluruh dari pihak kepolisian terkait insiden ini. 

Kejadian ini dapat menimbulkan kecurigaan di masyarakat terkait potensi strategi "playing victim". 

Oleh karena itu, pihak kepolisian diminta untuk segera menuntaskan masalah insiden yang menimpa Capres Anies Baswedan dengan sebaik-baiknya. Tujuannya agar kejadian serupa tidak terulang kepada Anies Baswedan dan Capres lainnya seperti Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Tindakan tuntas pihak kepolisian juga diharapkan untuk menghilangkan kecurigaan masyarakat terhadap peran playing victim dan menghindari dugaan rekayasa demi keuntungan politik.