Anies Bingung Selalu Ditanya IKN, “Itu Karena Jawabannya Tidak Tegas,” Gitu Aja Kok Repot!

Capres Anies Baswedan dengan Kickandy di Acara Kickandy-Foto-IST/INT

Namun, kenyataannya tidak demikian; seringkali ada pertanyaan apakah IKN akan dilanjutkan atau tidak, dan jawaban Anies cenderung mengambang.

Oleh  : Sugiyanto (SGY)-Emik
Ketua Himpunan Masyarakat Nusantara (Hasrat)

 

Dalam kanal youtube Metro TV dengan judul, “Tanggapan Anies Soal Isu Tak Lanjutkan IKN #kickandy,” dan pada media sosialnlainnya, ada video virall. Vidio tersebut menunjukkan colon presiden (capres) Anies Baswedan bertanya kepada Kickandy mengenai IKN dan sering kali ditanyakan apakah akan dilanjutkan atau tidak. 

Terkait hal ini, izinkan saya merespons kekhawatiran Anies Baswedan terkait pertanyaan berulang mengenai IKN. Menurut saya, jawaban yang tegas dari Anies Baswedan bisa mengakhiri spekulasi dan pertanyaan berulang, entah itu "Dilanjutkan" atau "Tidak Dilanjutkan."

Namun, kenyataannya tidak demikian; seringkali ada pertanyaan apakah IKN akan dilanjutkan atau tidak, dan jawaban Anies cenderung mengambang. Meskipun Anies menyatakan bahwa IKN memiliki dasar hukum, yaitu Undang-Undang, namun ia sering menambahkan bumbu uraian lain dalam penjelasannya.

Penambahan bumbu uraian lain seperti penyesuaian anggaran dengan skala prioritas oleh Anies Baswedan, dan pernyataan lainnya, memberikan kesan seolah-olah IKN tidak akan dilanjutkan. Inilah yang menciptakan situasi di mana Anies selalu ditanya apakah IKN akan dilanjutkan atau tidak.

Kesimpulannya, jika ada yang bertanya apakah IKN akan dilanjutkan atau tidak, jawabannya hanya dua pilihan: tegas dengan "IKN DILANJUTKAN" atau "IKN TIDAK DILANJUTKAN." Semudah itu tanpa perlu rumit, gitu ajak kok repot. Mas, Anies, Mas Anies!

The End