Kasus Tabrakan Busway, Ketua DPRD DKI : Citra Jakarta Jadi Jelek, Gubernurnya Saja Kinerjanya Jelek

Kecelakaan Transjakarta. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai kinerja   Gubernur Anies Baswedan tidak moncer sehingga sejumlah program yang sudah diterapkan justru memperburuk citra Jakarta.  

Kritik tersebut disampaikan buntut kasus kecelakaan transjakarta yang terus terjadi berulang kali, bahkan hingga menimbulkan korban Jiwa.   

Menurut Prasetyo, kecelakaan yang kerap terjadi melibatkan armada busway merusak citra Jakarta. Sebab, transjakarta merupakan moda transportasi umum unggulan DKI Jakarta.   "Iya Citra Jakarta jadi jelek, gubernurnya saja jelek (kinerjanya)," kata Prasetyo, kepada wartawan, Senin (18/7).  

Prasetyo melanjutkan, sejatinya fungsi Tranjakarta sebagai transportasi umum untuk membantu masyarakat bukan sebaliknya membuat penggunanya tidak nyaman dan Khawatir.  

Politikus PDIP itu menyesalkan kinerja Direktur Tranjakarta yang tak kunjung membaik. Kata dia, pihaknya pun sudah beberapa kali memanggil direksi Transjakarta Namun rekomendasi yang diberikan dewan tidak diindahkan. Lantaran kecelakaan transjakarta terus terjadi. Bahkan dalam sepekan terakhir kecelakaan yang melibatkan Transjakarta menyebabkan dua orang tewas.  

"Dikasih tahu juga percuma, enggak diindahkan juga. Kalau direktur Transjakarta harusnya kan paham soal transportasi umum, penekanannya di situ," tegasnya.  

Dia berharap pengawasan terhadap armada dan pramudi Tranjakarta lebih ditingkatkan. Imbuh Dia, jam kerja pramudi pun harus diatur agar efektif. 

"Harus diawasi in-outnya Transjakarta secara proporsional, dicek kesehatan pengemudinya secara proporsional. Kalau jam (kerja pramudi) diatur dengan baik in-outnya, saya rasa tidak akan ada seperti ini," tutupnya. (Zat)