Kasus Pelecehan Seksual Dinilai Fenomena Gunung Es, DPRD DKI : Banyak Korban Tak Tahu Lapor Kemana

DPRD DKI. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Akhir-akhir ini kasus pelecehan seksual di tempat umum di Jakarta meningkat. Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta menilai melonjaknya laporan kekerasan seksual hanya fenomena gunung es.

"Bisa jadi masih banyak kasus yang terjadi namun korban kebanyakan tidak mengetahui bahwa yang dialaminya adalah kekerasan seksual dan harus lapor atau datang kemana?," kata Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo seperti dikutip, Minggu (17/7).

Karena itu dia,meminta Pemprov DKI meningkatkan sosialisasi layanan pengaduan tindakan pelecehan seksual. Selain itu, Pemerintah DKI juga perlu untuk memperbanyak edukasi tentang kekerasan seksual kepada masyarakat agar waspada terhadap potensi tindak pelecehan.

"Masyarakat dari semua kalangan harus dapat informasi tentang layanan pengaduan pelecehan seksual yang ada karena ini belum umum diketahui," ujarnya.

Edukasi tentang kekerasan seksual juga lanjut Anggara perlu ditingkatkan terutama di sekolah-sekolah karena beberapa kasus menyasar anak-anak. "Bisa dengan metode 'peer educator' dan sebagainya," kata Anggara.

Anggara menambahkan, Pemprov DKI Jakarta punya tugas memastikan rasa aman warga Jakarta terutama di fasilitas umum. "memang sudah ada fasilitas pengaduan, tapi harus dipikirkan upaya preventif agar warga Jakarta merasa aman," tutpnya. (Zat)