Kasus Covid-19 Ngegas Lagi, DPRD DKI Diminta Awasi Grand Launching JIS

Data Kasus Covid-19. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Pemprov DKI Jakarta meresmikan Jakarta International Stadium atau JIS pada hari ini, Minggu 24 Juli 2022.

Sejumlah acara pun telah disiapkan untuk turut memeriahkan grand launching JIS seperti pertandingan persahabatan internasional antara Persija (Indonesia) dan Chonburi FC (Thailand).

Even gratisan ini juga akan mempertunjukan musik dari musisi, yakni Dewa 19 feat Virzha, Kotak, dan Setia Band, serta pertunjukan laser dan lampu berteknologi tinggi.

Untuk mendukung acara grand launching JIS,  pemprov DKI Jakarta melakukan segala upaya termasuk fasilitas yang diberikan oleh PT. Transjakarta yaitu menyediakan rute layanan gratis TGS40 (ITC Cempaka Mas-JIS) dan TGS41 (Tanah Abang-JIS).

Namun pengamat Kebijakan Publik Sugiyanto (SGY) mengingatkan gelaran tersebut dipadati masyarakat dalam jumlah yang tidak sedikit di saat kasus sub varian Omicron tengah melonjak.

"Sampai disini jelas, Pemprov DKI Jakarta sangat berkeinginan acara ini sukses dan dihadiri oleh banyak orang. Namun saat ini angka penambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia terus naik," kata SGY di Jakarta, Minggu (24/7).

Menurut SGY, penambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia terjadi akibat munculnya varian baru Covid-19 BA.4 dan BA, 5. Varian baru ini disebut-sebut bisa menghindari imunitas vaksin, penyebarannya juga cepat seperti varian Omicron.

"Pada dasarnya masyarakat pasti mendukung acara grand launching JIS. Semua orang pasti senang terlebih acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai tontonan hiburan musik dan pertandingan persahabatan. Namun perlu juga dilihat situasi penambahan kasus baru Covid-19 saat ini," tegasnya.

Untuk diketahui, hari Sabtu (23/7) tercatat penambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 4.943. Sehingga total kasus aktif di Indonesia kini menjadi sebanyak 39.065 kasus.

Dari penambahan kasus baru Covid-19 itu, Provinsi DKI Jakarta menyumbang jumlah kasus terbanyak dengan total 2.661.  Disusul oleh Jawa Barat dengan total 845 kasus, kemudian Banten dengan total 553 kasus.

Dengan penambahan kasus baru sebanyak 4.943, maka total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 6.164.271. Kasus sembuh bertambah 4.108, sehingga total sembuh menjadi 5.968.304. Kasus meninggal bertambah 9, total meninggal menjadi 156.902.

Sedangkan untuk DKI Jakarta, dengan penambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 2661, maka total kasus positif Covid-19 di Pemprov DKI Jakarta menjadi 1.309.294.

Untuk kasus sembuh bertambah 2.097, sehingga total sembuh menjadi 1.273.936. Dan untuk kasus meningal bertambah 1 orang, sehingga total kasus meningal di Jakarta menjadi 15.384 pasien.

Oleh sebab itu, SGY meminta agar Pemprov DKI mewaspadai masih tingginya kasus Covid-19 di Jakarta. Pemprov DKI, kata dia harus menjamin bahwa acara grand launching JIS yang dihadiri oleh ribuan orang tak akan berdampak terhadap penambahan kasus baru Covid-19.

Kepatuhan masyarakat yang menghadiri acara Grand Launching Stadion JIS  terhadap protokol kesehatan  harus diawasi secara ketat untuk menekan penyebaran virus Corona.

"Meskipun kasus Covid-19 di Indonesia masih relatif baik, namum tetap harus waspada dan menaati ketentuan aturan protokol kesehatan. Sebab bisa saja terjadi lonjakan penambahan kasus baru Covid-19 secara signifikan," imbuhnya.

Kemudian sebagai wujud dari fungsi pengawasan, maka Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta  juga wajib untuk ikut mengawasi acara grand launching JIS.

"Tujuannya tentu untuk kebaikan dan kepentingan publik, yakni agar gelaran peresmian JIS tak mengabaikan kesehatan dan keselamatan masyarakat Jakarta dari pandemi Covid-19. Sebab bagaimanapun juga kesehatan dan keselamatan masyarakat tetap harus menjadi prioritas," tutup dia. (Zat)