Hj. Rani Mauliani Buka Kejuaraan Garuda championship : Piala Rani Mauliani Ajang Lestarikan Pencak Silat

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani Didampingi Anggota DPRD DKI Fraksi Gerindra S. Andyka. (Zat)

Jakarta, Dekannews - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani membuka Kejuaraan Nasional Pencak Silat Di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Jakarta Utara, Sabtu (5/10). Kegiatan yang diikuti siswa SD, SMP, SMU itu digelar dalam rangka menjaga dan melestarikan pencak silat sebagai kebudayaan asli negara Indonesia. 

"Kejuaraan Garuda championship ini pertama kali digelar untuk memperebutkan piala Rani Mauliani. Responnya luar biasa, kalau saya menggaris besarkan ini adalah silaturahmi antar perguruan pencak silat di DKI Jakarta, diadakan di Jakarta Utara dan mudah-mudahan bisa berlangsung di seluruh lima wilayah DKI," kata Rani dalam sambutannya didampingi anggota DPRD DKI Jakarta S. Andyka.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan menjadi luar biasa karena anak-anak diajarkan untuk bertanding secara sportif tidak hanya meraih kemenangan tapi saling bersilaturahmi dan melestarikan kebudayaan pencak silat yang ada di Indonesia," imbuh Rani.

Selain bertujuan agar kelestarian pencak silat tetap terjaga, Politisi Gerindra tersebut berharap ajang Garuda Championship bisa mengembangkan dan memotivasi para pelajar untuk mencetak prestasi dari pencak silat. 

"Kejuaraan yang melibatkan antar perguruan ini dengan kompetisi yang baik dipastikan juga sebagai saran mengevaluasi kualitas dan kuantitas setiap sanggar. Sehingga kemampuan anak-anak juga jadi teruji. Diharapkan mereka jadi lebih semangat, lebih kompetitif karena adanya penghargaan dan piala-piala yang disediakan panitia," paparnya.

 Rani juga berharap, Piala Rani Mauliani bisa menhasilkan bibit-bibit baru dari generasi muda yang ke depan akan memberikan amanah agar terus mengembangkan pencak silat.

"Bagi yang berprestasi baik dari tingkat SD SMP SMA akan dianugerahi piala bergilir. Namun khusus peserta siswa SD, semuanya mendapatkan medali dan tidak dibedakan. Hal itu untuk memberikan dampak psikologis dan melatih jiwa Sportivitasnya agar bisa saling bisa berbagi dan mengganggap kalah atau menang itu hal biasa dalam sebuah pertandingan," ujarnya.

Di tempat yang sama, ketua panitia Garuda Championship Piala Rani Mauliani, Sapto mengungkapkan, meski baru pertama kali digelar, namun peserta yang mengikuti ajang tersebut sangat antusias.

"Bahkan yang mendaftar menjadi peserta ada ribuan siswa yang berasal dari Jabodetabek dan Sumatra Barat. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa diadakan di seluruh wilayah di Jakarta," pungkasnya. (Zat)

.