DPRD DKI Sarankan Buruh Gelar Aksi Di Istana Negara Ketimbang Di Stadion JIS

Aksi Unjuk Rasa Buruh. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia mendesak Pemerintah DKI untuk mengizinkan Jakarta International Stadium (JIS) menjadi lokasi perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day.

Terkait hal ini, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS Ismail menilai merayakan hari Buruh lebih pas diadakan di Istana Negara ketimbang di Stadion JIS.

Menurut dia, stadion JIS tidak tepat bili digunakan untuk menyampaikan pendapat. Apalagi Stadion JIS baru selesai dibangun. "Menurut saya bukan untuk tempat menyampaikan pendapat," ujarnya di Jakarta, Minggu (24/4).

KSPI sendiri mengacu pada dua tempat, yakni Istora Senayan dan JIS untuk gelaran Peringatan Hari Buruh yang akan digelar 14 Mei 2022 mendatang.

Ismail menyarankan, sebaiknya buruh memilih lokasi yang sesuai dengan tuntutan yang akan disampaikan. Jika tuntutan untuk mengkritisi pemerintah, lanjut dia, kawasan Istana Negara menjadi tempat yang cocok.

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, pihaknya akan menggelar unjuk rasa ke beberapa lokasi.

Menurutnya, ratusan ribu buruh akan berpartisipasi melakukan rangkaian aksi MayDay pada 1 dan 14 Mei nanti ke beberapa lokasi di Jakarta.

"Aksi ini akan diikuti 100 ribu buruh. Deklarasi perjuangan dilakukan oleh Partai Buruh dan gerakan buruh Indonesia di Jakarta International Stadium (JIS) atau Istora Senayan,” katanya. (Zat)