Deteksi Dini dan Perkuat Keamanan, Regu Pengamanan Lapas Karanganyar Patroli Keliling Area Lapas


NUSAKAMBANGAN, Dekannews.com – Keamanan dan ketertiban Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi hal utama dalam operasional di dalam Lapas itu sendiri. Meskipun Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakmabangan sudah dilengkapi dengan Fasilitas Keamanan yang lengkap, tetapi diperukan juga upaya-upaya pendukung untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di Lapas Karanganyar.

Untuk memenuhi upaya mendeteksi dini dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas Karanganyar, Regu Pengamanan didampingi Perwira piket melakukan kontrol keliling di lingkungan sekitar Lapas Karanganyar.

“Sudah menjadi kewajiban bagi Perwira Piket beserta dengan Karupam dan perwakilan regu untuk melakukan kontrol keliling area Lapas," ungkap Kasubsi Keamanan Lapas Karanganyar Suwarto, Senin (26/9/2022)

“Dalam pelaksanaan troling meliputi pengecekan area sekitar lapas baik dari branggang dalam dan branggang luar. Tidak hanya untuk mengecek potensi gangguan keamanan tetapi juga untuk melaksanakan pengecekan fasilitas keamanan yang ada di lingkungan lapas," lanjutnya.

Kegiatan dilaksanakan secara berkala setiap 2-3 jam sekali khususnya pada malam hari. Giat troling sebagai upaya Deteksi dini ini juga diterapkan dengan melakukan peningkatan intensitas kontrol keliling blok hunian, mengecek kondisi fisik bangunan, teralis besi, pengecekan gembok dan branggang setiap blok dan melanjutkan kontrol ke dapur Higienis.

"Waspada jangan-jangan. Laporkan bila terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di dalam Lapas. Pastikan juga untuk selalu melakukan pencatatan terhadap fasilitas atau sarana prasarana yang memerlukan perawatan kembali. Pastikan pula untuk melaporkan kepada perwira piket dan pengawa umum yang bertugas," pungkas Suwarto.

(bs)