Cegah Peredaran Narkoba, BNNK Jaktim Gelar Kegiatan Pemetaan Kelompok di Lingkungan Masyarakat

Kegiatan pemetaan kelompok di lingkungan masyarakat yang digelar BNNK Jaktim (ist)

Jakarta,Dekannews-  Guna menggerakkan partisipasi masyarakat dalam mencegah peredaran gelap narkoba di wilayah Jakarta Timur, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jaktim menggandeng kelompok masyarakat.

Diantaranya dengan menggelar kegiatan pemetaan kelompok di lingkungan masyarakat, yang digelar di Hotel Santika, Selasa (15/3).

Kegiatan ini sendiri diikuti kelompok masyarakat dan beberapa lembaga seperti dari kelurahan Ciracas, kelurahan Lubang Buaya, kelurahan Kebon Manggis, kelurahan Cililitan, kelurahan Utan Kayu Utara, Kejati Jakarta Timur, Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Sudin Pariwisata dan Ekonomi Jakarta Timur, Sudin Sosial, Binmas Polres Jakarta Timur, Kodim 0505 Jakarta Timur, Sudin Kesbangpol Jakarta Timur, Gentara, Komanar, Rapi 09 Ciracas, dan Rapi 10 Cakung.
 
Dalam sambutannya Kepala BNNK Jakarta Timur Hendrajid Putu Widagdo, S. Sos, M.M, M. Si yang didampingi Anton Suriyadi Siagian, SH, MH (Kasie P2M BNNK Jakarta Timur) mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai wujud program pencegahan dengan menggerakan partisipasi masyarakat dalam penerapan P4GN di lingkungan masyarakat dan di lingkungan pendidikan melalui pembentuka Relawan Anti Narkoba.

"Penyalahguna narkoba di Jakarta Timur diperkirakan 6-7 orang, disini kita harus menggalang pelaporan masyarakat" Tambah Hendrajid.

Menurut Hendrajid, Jakarta sebagai kota metropolitas, berimbas sebagai pasar gelap narkoba, dalam implementasi peran serta masyarakat akan terus memfasilitasi dan menggerakan komponen masyarakat untuk berperan aktif dalam P4GN melalui pendayagunaan seluruh sumber daya dan potensi yang dimiliki masyarakat.

"Program ketahanan keluarga sebagai Garda terdepan untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari Penyalahgunaan narkoba melalui penguatan sumber daya desa sehingga memiliki daya tangkal terhadap Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat BPPMD Jakarta Kementrian Desa dan Transmigrasi Pepen Efendi menjelaskan, perihal  Fungsi dan manfaat Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Jakarta.

"Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat siap mendidik masyarakat dan memberdayakan masyarakat yang beralamat di Jalan Penganten Ali, Jakarta Timur dan siap menjangkau masyarakat dilokasi masyarakat" jelas Pepen Efendi. 

Dalam Acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan disambut antusias oleh para peserta. (tfk)