Biden Bersumpah Putin Tak Akan Pernah Bisa Menguasai Ukraina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Amerika Serikat mengirimkan bantuan militer tambahan bagi Ukraina pada Rabu (20/4) waktu Washington D.C.

Dalam kesempatan itu, presiden Amerika Serikat Joe Biden bersumpah Presiden Rusia Vladimir Putin tak akan pernah bisa mengambil alih Ukraina.

"Dia tidak akan pernah berhasil mendominasi dan menduduki seluruh Ukraina. Itu tidak akan pernah terjadi,kata Biden seperti dikutip AFP.

Biden juga mengumumkan sanksi terbaru AS terhadap Rusia yang masih enggan menghentikan gempurannya ke Ukraina. Kappal-kapal Rusia dan yang berkaitan dengan negeri beruang merah tidak akan diterima lagi untuk berlabuh di pelabuhan-pelabuhan Amerika.

Dalam kesempatan itu, Biden juga mengumumkan sejumlah bantuan yang diberikan bagi pemerintah Ukraina. Bantuan terbaru tersebut menggenapkan seluruh bantuan sejak dua bulan invasi Rusia berlanhsung.

Pemberian babtuan tambahan sebesar US$500 juta bagi pemerintah Ukraina yang masih digempur habis-habisan oleh Rusia.

Beberapa hari sebelumnya, Biden juga telah mengumumkan Amerika akan menggelontorkan bantuan lagi sebesar US$800 juta bagi negara eks Uni Soviet itu.

Dengan begitu, total bantuan yang telah diberikan AS kepada Ukraina, kata Biden, telah mencapai US$1 miliar.

Selain memberikan bantuan, Biden juga mengatakan, Amerika serikat menerima pengungsi Ukraina secara sukarela atau Unite for Ukraine. Bantuan tersebut untuk pengungsi yang membutuhkan tempat berlindung.

" Program pembebasan bersyarat kemanusiaan baru ini akan melengkapi jalur hukum yang ada yang tersedia di AS untuk warga Ukraina, termasuk soal visa imigran dan pemrosesan pengungsi, "kata Biden. (Zat)