Tingkatkan Kualitas Sanitasi, Paljaya Revitalisasi Ribuan Tangki Septik Di Jakarta

Perumda Paljaya Menggelar Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Wartawan dan Aktivis di Balakenam Resto and Cafe, Jalan Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (17/4/2023). (Ist)

Jakarta, Dekannews - Perumda Paljaya melakukan program Revitalisasi Tangki Septik Rumah Tangga guna mewujudkan sanitasi Jakarta aman untuk Indonesia.

"Hingga tahun 2023, Perumda Paljaya telah berhasil merevitalisasi tangki septik bersubsidi sebanyak 3.000 unit di lima wilayah DKI Jakarta," ujar Corporate Secretary Perumda Paljaya, Tanto Tabrani saat silaturahmi dan buka puasa bersama wartawan dan aktivis di Balakenam Resto and Cafe, Jalan Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (17/4/2023).

Menurut Tanto, Program revitalisasi tangki septik, Pemprov DKI Jakarta bersama Perumda Paljaya memberikan bantuan fasilitas pengelolaan limbah domestik yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"Dengan dilakukan peningkatan kualitas tangki septiknya, diharapkan masyarakat dapat mengubah perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS), sehingga pencemaran air dan tanah Jakarta akibat bakteri Koli Tinja (Fecal Coliform) dapat berkurang dan mewujudkan Jakarta yang sehat," terang dia.

Namun demikian, Tanto menyebutkan ada beberapa kriteria, bagi masyarakat yang mendapatkam subsidi. Diantaranya yaitu rumah yang belum memiliki tangki, rumah yang memiliki tangki namun bocor, rumah di kawasan kumuh, rumah yang wilayahnya terdampak rob, air tanah tinggi serta tingkat bakteri E. coli yang tinggi.

Tanto menyampaikan, anggaran subsidi berasal dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI. Nantinya dinas bakal mengucurkan dana untuk Paljaya. Paljaya selanjutnya mensurvei besaran subsidi yang akan diberikan kepada warga.

"Warga membayar subsidi pembangunan septic tank baru kemudian Paljaya mengerjakannya," tutup Tanto. (Zat)