Survei LSI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Teratas Capai 45,6%

Survei LSI elektabilitas Prabowo-Gibran

Dekannews, Jakarta - Elektabilitas paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, melesat di puncak survei dengan angka mencapai 45,6%. Hal itu terungkap dalam hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI). 

"Survei kami menemukan bahwa pasangan nomor 2 Prabowo-Gibran, angka elektabilitasnya atau dukungan masyarakatnya ada di 45,6%," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparannya secara virtual, Minggu (10/12).

Paslon dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu mengungguli Ganjar-Mahfud yang memperoleh 23,8%; serta Anies-Muhaimin dengan 22,3% suara.

Djayadi menjelaskan, elektabilitas Prabowo-Gibran melejit dari survei pada bulan Oktober lalu, di mana mereka memperoleh 35,9% suara. Sementara, Ganjar-Mahfud cenderung mengalami penurunan.

"Angka-angka ini untuk Prabowo-Gibran cenderung mengalami peningkatan dibanding Oktober 2023. Anies-Muhaimin juga cenderung mengalami peningkatan dari Oktober 2023, sedangkan Ganjar-Mahfud cenderung mengalami penurunan dibanding Oktober 2023," ujar Djayadi.

Dalam hasil survei juga disebutkan beberapa alasan responden memilih Prabowo-Gibran. 'Paling mampu memimpin' menjadi alasan teratas; kedua, dinilai 'tegas, berani dan berwibawa'. Selain itu, Prabowo-Gibran juga unggul di kelompok yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

LSI melakukan survei kali ini dengan menggunakan _random digit dialing_ (RDD) yang melibatkan sebanyak 1.426 responden periode 3-5 Desember 2023. _Margin of error diklaim_ +- 2,6% pada tingkat kepercayaan 95%. (tfk)