Sah !!! Joko Agus Dilantik jadi Sekda DKI

Sah !!! Joko Agus Dilantik jadi Sekda DKI

Jakarta, Dekannews - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akhirnya melantik Joko Agus Setyono menjadi Sekretaris Provinsi DKI Jakarta. Pelantikan itu berlangsung di Ruang Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (15/2/2023) pukul 16.15.

Selain Joko, Heru juga melantik Bayu Meghantara menjadi Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta. Sebelumnya, Bayu mengemban amanah sebagai Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta.

“Dengan memanjatkan puji syukur Kehadirat Allah Subhanawata’ala, Tuhan Yang Maha Esa dan atas taufik dan hidayahnya, pada Hari Rabu tanggal 15 Februari 2023, saya Penjabat Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dengan ini secara resmi melantik Saudara sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Sekda) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Kadistamhut) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta,” kata Heru saat pelantikan tersebut.

Setelah itu, Heru membimbing mereka untuk mengucapkan sumpah jabatan di Pemprov DKI Jakarta. Sumpah jabatan diucap agar mereka mempunyai komitmen atau tekad yang kuat, sehingga bisa melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam mewujudkan pelayanan birokrasi yang lebih baik bagi masyarakat

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi nama bakti saya kepada Bangsa dan Negara,” kata Heru yang diikuti oleh pernyataan Bayu dan Joko.

Selain itu, mereka juga bersumpah menjalankan tugas ini dengan menjunjung etika jabatan serta bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. “Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” jelasnya.

Diketahui, Joko merupakan pegawai negeri sipil (PNS) lembaga vertikal. Sebelum mengikuti open bidding atau lelang jabatan, Joko mengemban amanah sebagai Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bali.

Di era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (2017-2022), jabatan Bayu cukup cemerlang. Sebelum jadi Kepala Biro ORB, Bayu menempati posisi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat selama dua tahun lebih, atau dari Juli 2018 sampai November 2020.

Namun dia sempat mengalami demosi atau penurunan jabatan oleh Anies Baswedan. Penurunan jabatan Bayu dari Wali Kota menjadi anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) ini disinyalir karena kerumunan acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat pada 14 November 2020 lalu.

Beberapa bulan kemudian atau pada Selasa, 23 Februari 2021, Anies melantik Bayu menjadi Kepala Biro ORB Setda DKI Jakarta. Hingga Anies pensiun 16 Oktober 2022, Bayu masih mengemban amanah sebagai Kepala Biro ORB hingga akhirnya dilantik Heru menjadi Kepala Distamhut DKI Jakarta. RED