Prabowo Sebut Tujuannya Konsisten Sejak Awal: Dalam 20 Tahun Pidato Saya Tak Banyak Berubah

Prabowo Subianto saat berpidato di acara Rakernas LDII 2023

Jakarta, Dekannews - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan alasannya terjun ke politik, yaitu untuk membangun kesejahteraan rakyat dengan memanfaatkan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Oleh sebab itu, ia konsisten menyampaikan hal tersebut kepada para elite selama 20 tahun terakhir. 

"Intinya saya sering bicara selama 20 tahun ini, bahwa ratusan tahun waktu zaman Belanda sampai sekarang terjadi suatu fenomena yang saya sebut _net outflow of national wealth_ atau kekayaan mengalir keluar negeri," kata Prabowo di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2023 di Grand Ballroom Minhaajurosyidiin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (7/11).

Prabowo menjelaskan, ia berupaya untuk meyakinkan para elit atau pemimpin bangsa bahwa kondisi itu harus diubah. Menurutnya, sangat disayangkan jika kekayaan tanah air justru mengalir dan dinikmati di luar negeri. 

"Jadi perjuangan saya sekian puluh tahun adalah meyakinkan elit bangsa Indonesia bahwa kalau begini, untuk apa merdeka. Untuk apa kita punya MPR, DPR kalau kekayaannya ke luar negeri terus," ujarnya.

"Di situ perlu ada perubahan dan itulah kenapa saya maju di politik," tegasnya. 

Prabowo juga mengaku melihat Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerapkan kebijakan yang tepat demi mencapai Indonesia Emas 2045. Hilirisasi, kata Prabowo, merupakan salah satu kunci penting untuk mencapai kesejahteraan meskipun ditentang oleh banyak pihak seperti Uni Eropa.

"Beliau (Jokowi) canangkan hilirisasi, tidak kita izinkan bahan baku dijual mentah. Dengan hilirisasi itu ternyata banyak negara berang, Uni Eropa marah, kita digugat ke WTO. Alhamdulillah, Pak Jokowi tidak bergeming dan mengatakan terus hilirisasi," imbuhnya. (tfk)