Prabowo Resmi Umumkan Cawapres Pendampingnya di Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka

Prabowo umumkan cawapres untuk pemilu 2024

Jakarta, Dekannews - Prabowo Subianto, calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) secara resmi mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

"Selamat malam saudara-saudara sekalian, baru saja Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari 8 partai politik, yaitu partai Golkar; PAN; Partai Demokrat; Partai Gerindra, Partai Gelora; PBB; Partai Garda Republik; dan Partai Prima yang dihadiri lengkap oleh Ketum dan Sekjen masing-masing, kita telah bermusyawarah secara final, konsensus, dan seluruhnya sepakat mengusung Prabowo (sebagai) capres KIM untuk 2024-2029 dan saudara Gibran sebagai cawapres dari KIM," ungkap Prabowo di Kertanegara 4, Jakarta, Minggu (22/10).

Ia menegaskan bahwa keputusan tersebut telah bulat dan konsensus. "Ini keputusan bulat dan konsensus, dan kita siap maju untuk Indonesia maju," ungkapnya.

Prabowo kemudian menjelaskan, pendaftaran capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan dilakukan pada Rabu (25/10) mendatang.

"Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu, sekaligus deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum. Dan pada tanggal 25, hari Rabu, kita akan daftar ke KPU," pungkas Prabowo.

Pengumuman cawapres Prabowo malam ini turut didampingi oleh kedelapan Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai pengusungnya. 

Prabowo pada kesempatan itu didampingi para ketum partai koalisi, termasuk di antaranya Airlangga Hartarto (Partai Golkar); Zulkifli Hasan (PAN); Agus Harimurti Yudhoyono (Partai Demokrat); Yusril Ihza Mahendra (PBB); Anis Matta (Partai Gelora). (tfk)